Perbaikan Waktu Service Mobil Avanza Dengan Menggunakan Metode Single Minute Exchange Of Die (Smed) Di PT Astrido Jaya Mobilindo Jakarta
Abstract
PT Astrido Jaya Mobilindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang otomotif untuk melakukan penjualan maupun perbaikan pada produk kendaraan Toyota. PT Astrido Jaya Mobilindo sering kali dihadapkan berbagai masalah yaitu Lamanya waktu service berkala mobil avanza, Produktivitas kinerja teknisi dalam service berkala mobil avanza mengalami ketidakstabilan, dan Adanya komplain pelanggan berdasarkan service berkala mobil avanza pada pelanggan. Metode penelitian yang digunakan perbaikan waktu service adalah Metode Single Minute Exchange Of Die (SMED). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui dalam mengatasi kondisi waktu setup dan kinerja karyawan dalam waktu service berkala mobil avanza dan Untuk mengetahui upaya perbaikan service berkala mobil avanza pada pelanggan. Adapun hasil yang didapatkan dari pengolahan data tersebut didapat kesimpulan sebagai berikut: Setelah melakukan penelitian pada perusahaan pada PT. Astrido jaya mobilindo dalam mengatasi kondisi waktu setup sebelum pengolahan adalah 90 menit dan setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan metode Single Minute Exchange Of Die (SMED), dengan waktu yang diperoleh adalah 49 menit maka dapat diketahui bahwa kinerja karyawan (teknisi) dalam waktu service mobil avanza belum produktivitas. Dengan upaya perbaikan yang dilakukan pada service berkala mobil avanza untuk pelanggan dengan cara meminimalisir waktu internal set-up dari elemen kerja yang mengalami adanya pemborosan (waste) sehingga dilakukan perbaikan untuk mengurangi kegiatan yang merupakan kegiatan waste/pemborosan yang tidak menghasilkan produktivitas
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.66
Refbacks
- There are currently no refbacks.