Implementasi Algoritma Ant Colony Optimization Dalam Menyelesaikan Masalah Travelling Salesman Problem pada PT XYZ

Taufany chandra

Abstract


Abstrak- PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan dan distribusi bahan bangunan dan furnitur. Dalam proses pendistribusian produk PT  XYZ masih menggunakan sistem manual, sehingga dapat menyebabkan permasalahan umum dalam optimasi kombinatorial dimana salesman harus mengunjungi sejumlah tempat, disyaratkan setiap tempat hanya dikunjungi satu kali, dimana salesman ini harus memilih rute sehingga jarak total yang ditempuh minimum. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terhadap jarak atau rute yang akan dilalui oleh salesman. Metode Ant Colony Optimization merupakan salh satu metode heuristik yang di adopsi dari prilaku koloni semut yang mampu menemukan rute terpendek dalam perjalanan ke tempat-tempat lintasan yang telah dilalui. Pengolahan data dilakukan dengan menetukan jarak yang akan dikunjungi dengan 5 tempat tujuan dengan hasil pengolahan  menggunakan Ant Colony Optimization sebesar  55,1 km dan penguapan  pheromone sebesar 0,0181 yaitu pada jalur ke 29 yang  merupakan rute terpendek dan penguapan pheromone terbesar  jika dibandingan dengan jalur lainnya.

 


References


Buana, M. I, 2016. Ant Colony Optimization Dalam Penyelesaian Travelling Salesman Problem Menggunakan Matlab. Universitas negeri semarang: Semarang.

Riana, A., Hermawan Syahputra. 2018. Simulasi lintasan terpendek pada graf komplit menggunakan ant colony optimization algorithm. Medan: Universitas Negeri Medan.

Santosa, Budi. “Pengantar Metaheuristik”.Surabaya: ITS Tekno Sains,2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.