Penggunaan Alat Ukur Kecepatan Berbasis Arduino Materi GLB dan GLBB untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldila, F.T., Marisa,M. M., Wicaksono, L. (2020). Identifikasi Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMAN 1 Muaro Jambi. Journal of Science Education And Practice. Volume 4 Nomor 2. Hal. 22-21
Doyan, A., Khairunnisa, D. S., & Zuhdi, M. (2022). Pengembangan Media Alat Ukur Percepatan Gravitasi Berbasis Arduino Nano untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kappa Journal, 6(2), 240-257.
Kause, M. C., & Lestari, W. (2021). Rancang Bangun Alat Ukur Energi Mekanik Pada Kasus Gerak Jatuh Bebas Bagi Siswa Berbasis Arduino. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 40-47.
Mardiansyah Y., Rahman T., Hernando L., Meldra D., (2022). Rancang Bangun Praktikum Gerak Menggelinding Pada Bidang Miring Berbasis Sensor Arduinomikro Untuk Menentukan Konstanta Inersia. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro Vol. 10, No. 1, pp. 62-73
Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X MIPA dalam pembelajaran fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6 (1), 53-55.
Raidil, M., Damris, D., Syahri, W., & Triansyah, F. A. (2023). Pengaruh Model Team Assisted Individulization dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (3), 1747-1753.
Ramadhan, B. N. (2022). Analisa Pengaturan Kecepatan Terhadap Perubahan Frekuensi Pada Motor Induksi Tiga Fasa Berbasis VSD: Analysis Control Speed Of Frequency Changes In Three Phase Induction Motor Based On VSD. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Renewable Energy (IJEERE), 2(2), 70-77.
Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167-1173.
Wahyun, M. E., & Sulisworo, D. (2020). The Utilization of Sensors on Smartphone to Determine the Coefficient of Kinetic Friction with the Inclined Plane in Supporting Physics Learning. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 5350.
Yuwono, G.R., Mahardika, I.K., Agus, A. G., 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Kemampuan Representasi Verbal, Gambar, Matematis, Dan Grafik) Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember Vol 5 No 1
Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta
Giancoli, D. C. (2001). Fisika edisi kelima jilid 1. Jakarta: Erlangga
Riani, L. (2008). Diktat Kuliah “Fisika Dasar 1”. Bandung: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer – Unikom
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Hutagalung, S. N., & Parinduri, I. (2021). Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan Modellus X 04.05 Di Universitas Budi Darma. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) 1 (Vol. 2, No. 1).
Siswono, T. Y. E. (2016, October). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5, No. 1, pp. 11-26).
Zubaidah, S., 2010, January. Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa (Vol. 16, No. 1, pp. 1-14).
DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v4i1.8501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Subhan, Eka Rahmawati, Fatimah Fatimah, Yus’iran Yus’iran, Lis Suswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.