Studi literatur: media belajar bebasis arduino uno pada pembelajaran fisika

Rudianto Rudianto, Jhelang Annovasho, Mardaya Mardaya

Abstract


This study aims to discuss the feasibility of learning media using Arduino Uno for the last 10 years in learning Physics. The author of the article uses the library method by collecting data using the Publish or Perish application from a national journal for physics learning media over the last 10 years. Data analysis technique using content analysis. The results showed that the use of learning media using Arduino Uno as a teaching material was very widely used in physics learning. Some teaching materials that use Arduino Uno a lot include the use of temperature measuring devices using the lm35 sensor, Water Discharge Meters using Flow Sensors, Photodiode sensors, solar cells, ultrasonic sensors, light dependent resistors and so on. With the media eligibility average being in the valid and very valid categories, the average is in the vulnerable category of more than 75%. With this literature study, researchers can compare the use of Arduino Uno, which is one of the best learning media to use.


Keywords


Arduino Uno, Publish or Perish, Literature Study

Full Text:

PDF

References


Agustina, Wahyono, U., & Saehana, S. (2021). Pengembangan media alat praktikum pelayangan gelombang berbasis mikrokontroler arduino uno. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika.

Amrullah, A. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Tekanan (Penelitian Pra Eksperimen di Kelas VIII SMP Plus Bandung Timur Kabupaten Bandung).,”.

Asriza, M., & Hidayati, A. a. (2019). Pengaruh LKS Laboratorium Virtual Fisika dalam Pendekatan Sainstifik Materi Fluida Terhadap Hasil Belajar Siswa. Phillar of Physics Education, vol. 11, no. 2, pp. 185-192.

E.Priyatni. (2012). “Model Penyusunan Bahan Ajar Membaca Berbasis Pendidikan Multikultural dan E-Learning,”. LITERA, vol. 11, no. 1.

F.Ornek, W.R.Robinson, & M.P.Haugan. (2008). “What Makes Physics Difficult?.,” . Int. J. Environ. Sci. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 30–34.

Fita, T. W., Hakim, Y. A., & Ashari. (2019). Pengembangan Alat Peraga Pengukur Debit Air Menggunakan Sensor Flow Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fluida. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika.

Hamzah, H., Kartika, H., & Darmawan. (2021). Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC).

Hardi, H., Musdar, & Hasrul, M. (2021). PENGEMBANGAN ALAT UKUR SUHU MENGGUNAKAN SENSOR LM35 BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC).

hayyuningtias, R., & Pramudya, Y. (2022). Studi Awal Sonifikasi Pada Data Gerak Parabola Berbantuan Arduino Uno R3 Atmega328. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah).

Herdayanti, A., Rahmatsyah, & Manurung, S. R. (2019). Development of Aid Tool using Arduino Uno Sensor for Dynamic Fluid at Senior High School. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1485.

I.Irwandani, & S.Juariyah. (2016). “Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran,” . J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, pp. 33–42.

Istiqomah, Hakim, Y. A., & Kurniawan, E. S. (2020). Gerak lurus berbasis arduino uno: alat peraga fisika alternatif menggunakan linear air track. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains.

Jhoni, M., & dkk. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis arduino uno r3 pada materi gerak jatuh bebas. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika.

Khamid, D. R. (2019). Pengembangan Computer Supported Creative Thingking Test (CSCe-T) Tahap Validasi. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 44-53.

kristanto. (2018). Perancangan Sistem Informasi. Gava Media.

Laspri Tri Marheny, L. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran melalui permainan jumanji flash card pada pembelajaran fisika di smp. Jurnal Luminous.

Lastya, Anna, H., Sadrina, & Chairunnisah. (2021). Pengembangan Media Ajar Peraga Tornis Untuk Menentukan Nilai Resistor. TEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional).

Masyruhan, M., Pratiwi, U., & Hakim, Y. A. (2020). Perancangan alat peraga hukum hooke berbasis mikrokontroler arduino sebagai media pembelajaran fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 6 (2).

Matsun, & dkk. (2021). Development of Potential Energy Props Based on. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK).

Najikhah, N., Wakhid, R., Akhdinirwanto, & Ashari, A. (2021). Perancangan Alat Peraga Kincir Air Berbasis Android Dalam Pembelajaran Fluida Dinamis.

Nazir.M. (2003). Metode Penelitian.

Nurjanah, & Siti. (2017). Pengembangan Alat Peraga Kalor Jenis Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Berbasis Arduino.

Permatasari, A., Yuberti, & Welly, A. (2019). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education.

Permatasari, A., Yuberti, & Welly, A. (2019). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education.

Puspitasari, A. D., Suwondo, N., & Damayanti, E. N. (2018). Pengembangan alat pembelajaran IPA pada materi serapan kalor pada benda berbantuan arduino. Seminar Nasional Quantum.

Rahmani, Y., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2022). Pengembangan alat peraga eksperimen fisika dasar 1 pada materi viskositas fluida. Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika .

Retnoningsih, A. (2015). “Desain pembelajaran literasi sains berbasis problem based learning dalam membentuk keterampilan berpikir kritis siswa,”. J. Innov. Sci. Educ.

S.Fatmawati. (2013). “Perumusan Tujuan Pembelajaran Dan Soal Kognitif Berorientasi Pada Revisi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Fisika,” . Edu Sains J. Pendidik. Sains Dan Mat.

Saputri, & Yuli. (2018). Pengembangan Alat Pengukur Energi Mekanik Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Meningkatkan Aspek Psikomotorik Siswa.

Saputri, Y., Hakim, Y. A., & Fatmaryanti, S. D. (2017). Pengembangan Alat Pengukur Energi Mekanik Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Meningkatkan Aspek Psikomotorik Siswa. Radiasi Volume 10 No. 1.

Sari, N. a., Prabowo, & Admoko, S. (2019). Pengembangan alat percobaan tumbukan sebagai penunjang pembelajaran fisika materi momentum untuk melatihkan keterampilan proses sains. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika.

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (2nd ed.). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susilawati, & Aryanto, D. (2013). Penerapan Alat Praktikum Viskometer Terhadap Pencapaian Kinerja Mahasiswa Calon Guru Fisika. Seminar Nasional 2nd Lontar Physics Forum.

Syariffudin, A., Ashari, & Pratiwi, U. (2022). Perancangan Alat Peraga Gerak Harmonik Berupa Bandul Matematis Menggunakan Sensor Photodioda Berbasis Arduino. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer.

Tina, G., Saehana, S., & Wahyono, U. (2021). Pengembangan media alat praktikum pelayangan gelombang berbasis mikrokontroler arduino uno. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika.

Tusriah, Hakim, Y. A., & Ashari, A. (2017). Pengembangan Alat Peraga Solar Tracker Dua Sumbu untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis. Radiasi Volume 10 No. 1.

Verawati, Y., Dedy, H., & Iwan, S. (2022). Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika.

Verawati, Y., Hamdani, D., & Setiawan, I. (2022). Pengembangan alat peraga pada materi energi dengan menggunakan solar cell, sensor ultrasonik dan light dependent resistor berbasis arduino uno. Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika .

Wicaksono, A., & Rifai, I. (2013). Pembuatan Alat Peraga Pendidikan Fisika Sub Materi Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Seminar Nasional Teknologi Terapan.




DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v4i2.6911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rudianto rudianto, jhelang annovasho, mardaya mardaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.