PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PRAKTIKUM BERBASIS POE (Predict Observe Explain) DENGAN PhET SIMULASI PADA POKOK BAHASAN HUKUM FARADAY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajredini, F., N. Izairi and O. Zajkov. (2013). Real Experiments Versus Phet Simulations for Better High-School Students Understanding of Electrostatic Charging. European Jurnal of Physics Education, 5(1):59-70.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, I. A. D. Dasmo.(2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik dengan model pembelajaran problem posing. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 3(2), 39-44.
Aththibby, A. R. (2015). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi flash topik bahasan usaha dan energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2).
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan PhET Simulation bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 55-62.
Falah, S., Hartono, H., & Yulianti, I. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA LISTRIK DINAMIS BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 96-102.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Ningsih, G. M. T., Dewati, M., & Alamsyah, M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN GERAK PADA BENDA. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 69-87.
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Purwanti, P. (2021). The Effect Of Learning Approaches And Learning Creativity On The Ability To Solve Physic Problems. Journal of Academia Perspectives, 1(1), 20-25.
Purwanti, P., & Saraswati, D. L. Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321-327.
Puspitasari, R., Lesmono, A., & Prihandono, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Prediction, Observation and Explanation) Disertai Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Kerja Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 211-218–218.
Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suha, A., Mulyaningsih, N. N., Astuti, I. A. D., & Purwanti, P. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Radiasi Benda Hitam Berbasis Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 1-8.
Supardi U.S., dkk. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Formatif, 2(1), 71-81
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wahyudi, W., Mulyaningsih, N. N., & Purwanti, P. (2020). PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA DITINJAU DARI MINAT SISWA. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 127-136.
Wiyono, E., Labulan, P. M., & Siddik, M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V (LIMA) SD MUHAMMADIYAH SANGATTA UTARA. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 91-98.
DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v2i1.3991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yusrizal Maulana Yusuf, Karina Hastuti, Popi Purwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.