Pengembangan Modul IPA Terpadu Problem-Based Learning (PBL) Dengan Tema Energi Sebagai Sumber Kehidupan SMP/MTs
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfisyahrina, F., Djudin, T., & Mursyid, S. (2015). Remediasi Miskonsepsi siswa pada materi Suhu dan Kalor menggunakan Model PBL di MAN (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Astuti, I. A. D., Putra, I. Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students' Science Process Skills. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 183-196.
Endang, Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta:UNY Press
Kadir, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan dan Kemampuan Awal terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik di MTs Kota Kendari (Doctoral dissertation, Pascasarjana). Disertasi. Makassar: PPS UNM.
Kemendikbud. (2013) . Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktir Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018) .Laporan Hasil Ujian Nasional. 30 Mei
http://puspedik.kemendikbud.go.id/hasil-un.
Khotim, H. N., Nurhayati, S., & Hadisaputro, S. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah Pada Materi Asam Basa. Chemistry in Education, 4(2), 63-69.
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33-47.
Nurohmatin, T. (2017). Pengembangan Modul Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Memberdayakan Berfikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Al-Kautsar Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Okyranida, I. Y. (2020, July). Pengaruh Modul IPA Terpadu dengan Tema Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Karakter Cinta Lingkungan. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).
Putra, I. Y., Dasmo, D., Saraswati, D. L., Astuti, I. A. D., Nurullaeli, N., Bhakti, Y. B., & Rangka, I. B. (2019, November). Developing of physics practical module based on scientific method for students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1280, No. 5, p. 052028). IOP Publishing.
Septiana, N., Rohmadi, M., Nasir, M., Nastiti, L. R., Usmiyatun, U., & Riswanto, R. (2018). Kesulitan Mengajar IPA Terpadu Guru IPA SMP/MTs DI Kalimantan Tengah. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 6(1), 1-11.
Susilo, AB., Wiyanto, dan Supartono. (2012). Model Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Masalah Untuk Mingkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis siswa SMP. UNES Science Education Jurnal.(1) :13-2.
DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v1i1.3072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Novyatun Latifah, Indica Yona Okyranida, Asep Setiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.