Pengembangan LKPD Digital Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Liveworksheetes pada Materi Suhu dan Kalor

Ummil Khairiyah Siregar, Irham Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar berbentuk LKPD Digital yang valid, efektif dan layak digunakan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan dibantu web liveworksheets pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Untuk mengetahui produk valid pada tahap pengembangan melibatkan 3 validator diantaranya 2 validator ahli media dan 1 validator ahli materi. Selanjutnya untuk mengetahui kepraktisan produk dapat dilihat dari hasil respon guru dan peserta didik terkait angket yang disebarkan dan juga hasil wawancara, sedangkan untuk mengetahui keefektifan produk dilakukan uji gain tenormalisasi (N-Gain). Uji coba produk terdiri dari uji coba kelas keccil yang melibatkan 10 peserta didik dan uji coba kelas besar yang melibatkan 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon guru dan peserta didik. Uji validasi, uji kepraktisan dan uji keefektifan pada produk menunjukkan bahwa LKPD Digital. Hasil dari validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh rata rata persentase skor sebesar 92%, validasi ahli media memperoleh skor 91% dan 95%, sehingga mendapatkan skor rata rata persentase 93% dikategorikan sangat valid tetapi dengan revisi. Hasil dari uji kepraktisan LKPD digital yang dilakukan guru memperoleh persentase skor rata rata 95% memenuhi kategori sangat praktis. Hasil pretest-posttest yang dilakukan pada kelompok kecil menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan skor persentase 89% dan N-Gain sebesar 0,89. Selanjutnya pretest-posttest yang dilakukan pada kelompok besar menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan skor persentase 90% dan N-Gain sebesar 0,90. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD yaitu pada kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dan kelompok besar memperoleh rata-rata persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat praktis, Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan menarik dan praktis digunakan bagi peserta didik sebagai bahan ajar dalam pembelajaran fisika.

Keywords


LKPD Digital, Inkuiri Terbimbing, Liveworksheets, Suhu dan Kalor

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Aksari, V., Budhi, W., & Hasanah, D. (2021). Pengembangan E-LKPD fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak lurus untuk peserta didik Kelas X SMA. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(1), 43.

Batubara, V. A. N. B., & Pujianto, P. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 75-86

Boone, H. N., & Boone, D. A. (2012). Analyzing Likert Data. Journal Of Extension, 50(2). https://doi.org/10.1007/s11172-017-1908-3

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. Springer

Dewey, J. (2024). Democracy and education. Columbia University Press.

Firdausi, R. N., & Suchayo, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Elastisitas Bahan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 351358. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.351-358

Gabriella, N., & Mitarlis. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Beripikir Kritis Pada Materi Hidrokarbon. UNESA: Journal of Chemical Education, 10(2), 103?112.

Harahap, R. N. (2020). Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi koloid kelas XI MIA SMAN 7 kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Publications PISA. (2018). Retrieved November 01, 2024, from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm.

Rahmita, S. A., Rozi, F., Nurmayani., Ananda, L. J., & Simanihuruk, L. (2024). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Aplikasi Liveworksheet pada Pembelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN 056018 Kampung Bamban T.A. 2023/2024. Jurnal Guru Kita. 8(1), 697-708.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 186-201.

Yussafitri, R., & Derlina, D. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Siswa Sma. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 19(2), 131. https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.48311




DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v6i1.13929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ummil khairiyah siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.