Dampak Penalaran Deduktif Terhadap Kemampuan Problem Solving Dalam Dinamika Partikel

Dwi Aprillia Setia Asih, Kodariyah Kodariyah, Nandang Hidayat

Abstract


Di era pendidikan modern, kemampuan problem solving menjadi salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa, khususnya materi dinamika partikel. Penalaran deduktif dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu mahasiswa memahami konsep-konsep dasar dalam dinamika partikel. Melalui penerapan prinsip-prinsip umum, mahasiswa dapat lebih mudah mengaitkan teori dengan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penalaran deduktif terhadap kemampuan problem solving mahasiswa dalam materi dinamika partikel. Metode penelitian ini akan menggunakan  desain kuasi eksperimen, dengan sampel dua kelas yakni kelas eksperimen yang menggunakan metode penalaran deduktif dalam proses pembelajaran dinamika partikel dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa Tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan problem solving antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil nilai tes yang mengacu pada indikator problem solving dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa penalaran deduktif lebih efektif membuat mahasiswa mampu mengaitkan konsep-konsep dinamika partikel yang telah mereka pelajari dengan situasi nyata. Dengan kata lain penalaran deduktif berdampak terhadap kemampuan problem solving mahasiswa dalam materi dinamika partikel.


Keywords


Penalaran Deduktif, Kemampuan Problem Solving, Dinamika Partikel.

Full Text:

PDF

References


Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84

Chiu, M. H. (2009). "The Effect of Deductive Reasoning on Problem-Solving Ability in Physics." International Journal of Science Education, 31(12), 1627-1644.

Haryono, A., & Tanujaya, B. (2018). Profil Kemampuan Penalaran Induktif Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPA ditinjau dari Gaya Belajar | Haryono | Journal of Honai Math. http://journalfkipunipa.org/index.php/jhm/article/view/11/8.

Madsen, A. K., et al. (2016). The Role of Deductive Reasoning in Physics Education. International Journal of Science Education, 38(12), 1950-1970.

Mumu, J., Prahmana, R. C. I., & Tanujaya, B. (2017). Construction and reconstruction concept in mathematics instruction. Journal of Physics: Conference Series, 943, 012011. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012011

Nakhleh, M. B. (1993). Are Our Students Conceptual Thinkers? Journal of College Science Teaching, 23(3), 174-179.

Ramdani, Yani (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan,13(1), 44-52

Redish, E. F. (2003). "Teaching Physics with the Physics Suite." American Journal of Physics, 71(6), 607-613.

Soleh, N. (2014). Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran ModelEliciting Activities. Unnes Journal of Mathematics Education., 3(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i1.3434




DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v5i2.13433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi 203

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.