Pengembangan e-LKPD Konsep Usaha dan Energi bagi Siswa di SMA

Sherly Alviana, Lukman Hakim, Linda Lia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) yang dirancang untuk membantu pemahaman konsep siswa mengenai materi konsep usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep usaha dan energi masih kurang dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang masih menerapkan pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan paradigma ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Dengan skor rata-rata 4,5 dari skala 5, hasil validasi ahli menunjukkan bahwa e-LKPD yang dihasilkan valid dan layak digunakan. Selanjutnya, hasil impelementasi menunjukkan bahwa pemanfaatan e-LKPD secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual siswa dengan rata-rata N-gain siswa adalah 0,48, yang berada dalam kisaran peningkatan yang terkategori sedang. 90% siswa merasa bahwa e-LKPD membantu mereka memahami topik tersebut, dan 85% mengatakan bahwa e-LKPD membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan partisipatif. Reaksi siswa terhadap penggunaan e-LKPD sangat baik. Secara keseluruhan, e-LKPD dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika.


Keywords


e-LKPD, konsep usaha dan energi, pemahaman konsep, pembelajaran fisika, teknologi Pendidikan, model ADDIE

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 33933398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339

Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173181. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9052

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1), 6875. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Cahya, R., Meriyanti, M., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Game Interaktif Terhadapa Peningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8392. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36277/defermat.v2i2.50

Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 2334. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3280

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 19571970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718

Khoiri, N., Kurniawan, A. F., & Ismawati, E. Y. (2023). Analisis Validasi e-LKPD berbasis PBL pada Topik Pengukuran Besaran Fisis Kelas X SLTA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 251255. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.17268

Masykur, R., Ramadhani Aulia, L., & Sugiharta, I. (2018). Microsoft Powerpoint pada Aplikasi Android dalam Peningkatan Pemahaman Konsep matematis. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 265273. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a11

Novianti, D. A., & Susilowibowo, J. (2015). Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(2), 19.

Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin, L. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Phenomenon, 11(1), 2944. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 903913. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 6473. http://dx.doi.org/10.29406/524

Samad, M. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Laps-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 108123. https://doi.org/https://doi.org/10.47650/elips.v2i2.274

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 12491264. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629

Udin, M. B., Arifin, A., & Aunillah, A. (2021). Buku Ajar Statistik Pendidikan (T. Multazam, M. D. K. Wardana, & W. W. Wijayanti, Eds.; 1st ed.). UMSIDA Press. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-33-4

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 3744. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445




DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v5i2.11420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sherly Alviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.