Analisis Miksonsepsi Siswa menggunakan Metode Four-Tier Diagnostic Test dengan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Suhu dan Kalor
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriadi, J. (2018). Identifikasi Kesalahan dan Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Topik SPLDV. Math Educa Journal Vol. 2 No. 2 h. 221-233.
Anggrayni, S., Ermawati, F. (2019). The Validity of Four-Tier’s Misconception Diagnostic Test for Work and Energy Concepts. Journal of Physics: Conference Series
Blegur, T. S. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Tentang Suhu dan Kalor pada Siswa SMA di Kota Kupang Menggunakan Four-tier Diagnostic Test. Skripsi. Kupang: Universitas Nusa Cendana
Fariyani, Q., Rusilowati, A. & Sugianto. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Multiple Choice Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2): 41-49.
Febrianti, J., Akhsan, H., & Muslim, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Suhu dan Kalor pada Siswa SMA Negeri 3 Tanjung Raja. (Vol. 06, Issue 1).
Hara, A. K., Astiti, K. A., & Lantik, V. (2022). Analisis Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 118-126.
Nursyamsi., Sujiono, E. H., & Yani, A. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fisika Suhu dan Kalor Menggunakan CRI (Certainty of Response Index) pada Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Bulukumba Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 14, No. 2. Hal: 44 – 54.
Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi menggunakan Metode Four-Tier Certainty of Response Index: Studi Eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9, 220–226.
Qurrota, A., & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Test Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2108-2117.
Saputri, E. N., Hartatiana., & Mabruroh, F. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik 4 Tahap pada materi Gerak. Berkala Fisika Indonesia: journal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya, 13(1), 8-13.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tiandho, Y. (2018). Miskonsepsi Gaya Gesek pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4il.1814
Winarni, S. (2015). Membedakan Salah Konsep dan Tidak Paham Konsep. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya” Riset Kimia & Pembelajarannya Bersinergi Membangun Negri. Hal. 394-401
DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v5i1.11063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Maria Gelu Gelole

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.