Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua terhadap Perencanaan Karir Siswa serta Implikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Farisah Fadia Syarafina, Riska Andriani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan sosial orangtua dan perencanaan karir siswa di SMPN 6 Kota Bekasi, untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap perencanaan karir siswa di SMPN 6 Kota Bekasi, serta program bimbingan dan konseling terkait perencanaan karir siswa di SMPN 6 Kota Bekasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 83 orang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi variabel dukungan sosial orangtua mempunyai kategori cukup tinggi dengan tingkat pencapaian 63,6% dan untuk hasil deskripsi variabel perencanaan karir mempunyai kategori yang tidak baik dengan tingkat pencapaian 43,9%. Kemudian hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh sebesar 38,4% antara dukungan sosial orangtua terhadap perencanaan karir. Adapun implikasi dari hasil penelitiaan adalah dengan penyusunan program layanan bimbingan dan konseling terkait variabel dukungan sosial orangtua dan variabel perencanaan karir siswa.

Keywords


parental sosial support; career planning

Full Text:

PDF

References


Aminnurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). SURVEI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PERENCANAAN KARIR SISWA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 11(2), 57–63. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Vol. 1, Nomor 1). http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Ananda, R. (2019). NEW 5. PERENCANAAN PEMBELAJARAN (BUKU-PENULIS). Dalam Amiruddin (Ed.), Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. 3(2).

Dhitaningrum, M., & Anugerah Izzati, U. (2013). Hubungan antara Persepsi Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/ 1887

Emeralda, G. N., & Febrian Kristiana, I. (2017). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Dalam Jurnal Empati, Agustus (Vol. 7, Nomor 3).

Ghassani, M., Nimatuzahroh, & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v3i2.8929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats