Implementasi project based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72
Amrozi, T. (2018). Implementasi Project Based Learning Untuk Mengembangkan Skills Dan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam (PAI). Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), 178–190. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/herodotus/article/view/5304
Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-based learning and problem-based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? JPII, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Astuti, S. W., Priyono, S., & Afifah, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran (PBL) project based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraha. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekomoni, 4(2), 46–53. https://doi.org/10.30599/UTILITY.V4I02.1157
English, M. C., & Kitsantas, A. (2013). Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 7(2), 128–150. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1339
Erianjoni, E. H. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Jurnal Kronologi, 2(2), 111–123. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/view/44
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 1–13. https://doi.org/10.1016/J.IJER.2020.101586
Jusita, M. L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4, 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p90
Lasauskiene, J., & Rauduvaite, A. (2015). Project-Based Learning at University: Teaching Experiences of Lecturers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 788–792. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.182
Lelasari, E. (2021). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tema berbagai pekerjaan di kelas IV SDN 200211 Padangsidimpuan. Jurnal Estupro, 6(2), 1–8. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/668
Lesnowati, I., & Hafifi, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 9–18. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.652
Nurhidayah, D. A. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Pada Materi Geometri. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.151
Oktavian, C. N., & Maryani, E. (2015). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, 15(2), 15–30. https://doi.org/10.17509/GEA.V15I2.3544
Putri, A. N., Ode, W., Nasri, L. A., & Renata, D. (2022). Discovery learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i1.6770
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan tata boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1), 76–80.
Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Project Based Learning Kelas IV SD IT Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441
Sugiharyanto, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. T. (2015). Efektivitas model learning cycle dengan project based learning dalam pembelajaran IPS di SMP. JIPSINDO, 2(2), 143–160.
Sumianto, S. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1446–1459. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.727
Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2019). Model project based learning berlandaskan tri hita karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jurnal Adat Dan Budaya, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/JABI.V2I2.28898
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56–62. https://doi.org/10.15294/KREANO.V5I1.3278.G3223
Widodo, W., & Widayanti, L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://jurnal.ugm.ac.id/jfi/article/view/24410
Wiranto, A., Selegi, S. F., & Sukardi, S. (2020). Efektivitas model kreatif problem solving dan project based learning terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Swarnabhumi, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.31851/SWARNABHUMI.V6I1.4805
DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI
Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia
e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:
View Orien Stats