Kontribusi keterampilan sosial dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS

Siti Nurfazria Sari, Afrinaldi Afrinaldi

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan sosial memiliki kontribusi dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 13 Bukti Apit Puhun Bukittinggi sejumlah 30 siswa. Sampel ditarik dengan teknik total sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi sederhana, dan dalam pengkorelasian variabel penelitian menggunakan Statistical Product and Service Solution 16. Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan keterampilan sosial dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Bukittinggi, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Bukittinggi.

Keywords


keterampilan sosial; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ali Muhidin, Sambas dan Maman Abdurrahman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Azwar, Saifuddin. 2010. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ginanjar, Asep. 2017. “Penguatan Peran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa”. Vol 1

Goleman, Daniel. 2003. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka

Handoko, Rio. 2016. “Hubungan Keterampilan Sosial dengan Aktifitas Belajar Kelompok Siswa SMKN 1 Koto Baru. JURNAL Ilmiah Konseling”. Vol 2

Hiriansah. 2019. Metodologi Penelitian, Suatu Tinjauan Konsep dan Konstruk. Pasuruan: Qiara Media Partner

Ifrianti, Syofnida & Aiska Destia Putri. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Jam Sudut pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sunur Sumatera Selatan” TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 4

Materi Uji Hipotesis dalam Statistik. 2019. (diunduh pada tanggal 14 Mei -http://wardimansyah.blogspot.com/2014/11)

Matondang, Zulkifli. 2009. ”Jurnal Tabularasa PPS UNIMED – Validitas danReliabilitas Suatu Instrumen Penelitian”. Medan: UNIMED

Misbahuddin dan Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik

Mudjiono, Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Muri, A Yusuf. 2005. Metode Penelitian. Padang: UNP Press

Muri, A Yusuf. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Poltak Sinambela, Lijan. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Graha Ilmu

Prasetyo, Bambang & Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rachmah, Huriah. 2018. Teori dan Praktik Berpikir Sosial & Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta

Rahmi Alfi, Silvia Junita & Haida Fitri. 2019. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019”. Vol 2

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Setyosari, Punaji. 2012. Metedologi Pengembangan. Jakarta: Kencana

Siska, Yulia. 2016. Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawacana

Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Surakhmad, Wirnano. 1998. Metodelogi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Undang-undang RI No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Usman, Husnaini dkk. 2006. Pengantar Statiska. Jakarta: Bumi Aksara

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Arruzmedia

Wawancara Wali Kelas IV pada tanggal 12 November 2020




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.6295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats