Hubungan kreativitas dengan aktualisasi diri remaja di Jorong Batu Ajung
Abstract
tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang hubungan antara
kreativitas dengan aktualisasi diri. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini digunakan menggunakan teknik total
sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik
analisa data dilakukan dengan uji hipotesis, uji linearitas dan uji korelasi sederhana.
Hasil penelitian disimpulkan secara umum bahwa terdapat hubungan antara
kreativitas dengan aktualisasi diri remaja di Jorong Batu Ajung dan menghasilkan
hubungan yang signifikan secara positif. Artinya semakin tinggi tingkat kreativitas
remaja maka semakin tinggi pula aktualisasi diri remaja, dan sebaliknya semakin
rendah tingkat kreativitas remaja maka semakin rendah pula aktualisasi diri remaja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Alfurqan dan Harmonedi. 2017. Pandangan Islam Terhadap Manusia. “Jurnal
Educative. Vol.2 No.2”.
Boty, Middya dan Ari Handoyo.2018. Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa
Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia do Mi’Had Islamy Palembang. Jurnal
ilmiah PGMI, Vol 4 N0.1”
Burhanuddin, Nunu. 2016.Kontruksi Pendidikan Integratif Menurut Hamka, “Jurnal
Educative. Vol.1 No.1”.
Budiarti, Yesi. 2015. Pengembangan Kreativitas dalam Pembelajaran. “Jurnal Pendidikan
Ekonomi Um Metro, Vol 3 No 1”
Dewi, Safriyanti. 2019. Kreativitas Anak Usia Dini RA Hidaya Kabupaten Batu. Medan
Djaali, Pudji Muljono. 2007. Pengukur dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Made
Putrawan.
Endra, Febri. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian. Sidoarjo : Zifatama Jawara
Ghufron M.Nur dan Rini Risnawita S. 2010. Teori- Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar Ruzz
Media Group.
Hadi, Ami dan Hariano. 1998. Metodologi Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Hurlock, E.B. 1999. PerkembanganAnak, jilid 2 (terj). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group
Hajar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Iswantir M. 2017. Gagasan dan Pemikiran serta Ptaksis Pendidikan Islam Di Indonesia
(Studi Pemikiran dan Praksis Pendidikan Islaqm Menurut Azyumardi Azra), “Jurnal
Educative. Vol 2 No 2”
Kamal, Muhiddinur dkk. 2016. Penerapan Permainan Tradisional “Manjalo” Sebagai
Upaya Menumbuhkan Keterampilan Sosial Anak Sejak Dini, “Jurnal Educative. Vol
No 1”
Kenedi. 2017. Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II
SMP Negeri 3 Rokan IV Kot. “Jurnal Rokan IV Koto”.
Mulyani, Novi. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Munandar, Utami. 2004.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Nurkancana, Wayan. 1993. Pemahaman Individu. Jakarta: Usaha Nasional.
Putra, Ahmad dan Prasetio Rumondor. 2019. Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah
Kenakalan Siswa (Studi Kasus di MA Muhammadiya Lakitan Sumatera Barat),
“Jurnal Educative. Vol 4 No 1”.
Putri, Tika Destyma. 2007 Skripsi Kebutuhan Aktualisasi Diri pada Penyandang
Tunanetra yang Bersekolah di Sekolah Umum ditinjau dari Kematangan Emosi dan
Self Disclosure. Surakarta : Muhammadiyah Surakarta.
Rohani. 2006. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media bahan Bekas.
“Jurnal PGRA Vol. 05 No.02”.
Schultz, Duane. 1991. Psikologi Pertumbuhan Model-Model Kepribadian Sehat.
Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendidikan;Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
Suharsimi, Arikunto. 1995. Manajement Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sinaga, Nugraha dan Siti Gomo Attas. 2018.Aktualisasi Diri Tokoh Utama Novel Belada
Si Roy Karya Gol A Gong. (Jurnal Kandai. Volume 14. No 1).
Yusuf, A Muri. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.
Padang: UNP Press.
Yusri, Fadilla. 2015. Meningkatkan kreativitas untuk menaklukan persaingan ketat di
pasar bebas.“Jurnal Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan
Konsorsium Keilmuan BK di PTKI Batusangkar, 28-29 November”
DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.6228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI
Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia
e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:
View Orien Stats