Hubungan kreativitas dengan aktualisasi diri remaja di Jorong Batu Ajung

Mitri Safrianti, Muhiddinur Kamal

Abstract


tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang hubungan antara
kreativitas dengan aktualisasi diri. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini digunakan menggunakan teknik total
sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik
analisa data dilakukan dengan uji hipotesis, uji linearitas dan uji korelasi sederhana.
Hasil penelitian disimpulkan secara umum bahwa terdapat hubungan antara
kreativitas dengan aktualisasi diri remaja di Jorong Batu Ajung dan menghasilkan
hubungan yang signifikan secara positif. Artinya semakin tinggi tingkat kreativitas
remaja maka semakin tinggi pula aktualisasi diri remaja, dan sebaliknya semakin
rendah tingkat kreativitas remaja maka semakin rendah pula aktualisasi diri remaja.


Keywords


kreativitas; aktualisasi diri

Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Alfurqan dan Harmonedi. 2017. Pandangan Islam Terhadap Manusia. “Jurnal

Educative. Vol.2 No.2”.

Boty, Middya dan Ari Handoyo.2018. Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa

Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia do Mi’Had Islamy Palembang. Jurnal

ilmiah PGMI, Vol 4 N0.1”

Burhanuddin, Nunu. 2016.Kontruksi Pendidikan Integratif Menurut Hamka, “Jurnal

Educative. Vol.1 No.1”.

Budiarti, Yesi. 2015. Pengembangan Kreativitas dalam Pembelajaran. “Jurnal Pendidikan

Ekonomi Um Metro, Vol 3 No 1”

Dewi, Safriyanti. 2019. Kreativitas Anak Usia Dini RA Hidaya Kabupaten Batu. Medan

Djaali, Pudji Muljono. 2007. Pengukur dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Made

Putrawan.

Endra, Febri. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian. Sidoarjo : Zifatama Jawara

Ghufron M.Nur dan Rini Risnawita S. 2010. Teori- Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar Ruzz

Media Group.

Hadi, Ami dan Hariano. 1998. Metodologi Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Hurlock, E.B. 1999. PerkembanganAnak, jilid 2 (terj). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

Hajar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Iswantir M. 2017. Gagasan dan Pemikiran serta Ptaksis Pendidikan Islam Di Indonesia

(Studi Pemikiran dan Praksis Pendidikan Islaqm Menurut Azyumardi Azra), “Jurnal

Educative. Vol 2 No 2”

Kamal, Muhiddinur dkk. 2016. Penerapan Permainan Tradisional “Manjalo” Sebagai

Upaya Menumbuhkan Keterampilan Sosial Anak Sejak Dini, “Jurnal Educative. Vol

No 1”

Kenedi. 2017. Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II

SMP Negeri 3 Rokan IV Kot. “Jurnal Rokan IV Koto”.

Mulyani, Novi. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Munandar, Utami. 2004.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Nurkancana, Wayan. 1993. Pemahaman Individu. Jakarta: Usaha Nasional.

Putra, Ahmad dan Prasetio Rumondor. 2019. Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah

Kenakalan Siswa (Studi Kasus di MA Muhammadiya Lakitan Sumatera Barat),

“Jurnal Educative. Vol 4 No 1”.

Putri, Tika Destyma. 2007 Skripsi Kebutuhan Aktualisasi Diri pada Penyandang

Tunanetra yang Bersekolah di Sekolah Umum ditinjau dari Kematangan Emosi dan

Self Disclosure. Surakarta : Muhammadiyah Surakarta.

Rohani. 2006. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media bahan Bekas.

“Jurnal PGRA Vol. 05 No.02”.

Schultz, Duane. 1991. Psikologi Pertumbuhan Model-Model Kepribadian Sehat.

Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendidikan;Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Suharsimi, Arikunto. 1995. Manajement Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sinaga, Nugraha dan Siti Gomo Attas. 2018.Aktualisasi Diri Tokoh Utama Novel Belada

Si Roy Karya Gol A Gong. (Jurnal Kandai. Volume 14. No 1).

Yusuf, A Muri. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.

Padang: UNP Press.

Yusri, Fadilla. 2015. Meningkatkan kreativitas untuk menaklukan persaingan ketat di

pasar bebas.“Jurnal Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan

Konsorsium Keilmuan BK di PTKI Batusangkar, 28-29 November”




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.6228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats