Pengendalian diri siswa di SMP Muhammadiyah Padang Panjang

Atika Antonio Putri, Linda Yarni

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu dalam mengendalikan dirinya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengendalian diri siswa di SMP Muhamadiyah Padang Panjang skor rata-rata 3,61 dan standar dieviasi sebesar 1,12 dengan persentase sebesar 72,71 %. Berdasarkan persentase tersebut berarti termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengendalian diri siswa di SMP Muhamadiyah Padang Panjang cukup baik. Siswa termasuk cukup mampu dalam mengatur stimulus, cukup mampu memperoleh informasi, cukup mampu dalam melakukan penilaian, dan cukup mampu dalam memilih dan menentukan tujuan dalam menentukan tindakan yang sesuai di sekolah.


Keywords


pengendalian diri

Full Text:

PDF

References


Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan, Jakarta:Erlangg.

Haryati Tri Darmi Titisari, 2017, Hubungan antara Penyesuaian Diri dan Control Diri dengan Perilaku Delikuen, Jurnal Psikodemensia Vol 16, No 2

Hendri (Kepala Sekolah), Wawancara, di Ruang Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Padang Panjang, 24 Januari 2020

Imron, Ali, 2015 Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara,

Jahja ,Yudrik , 2011, Psikologi Perkembangan, Jakarta :PT Prenadamedia Group.

Nurfatma, Dewi, 2017 Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Self Control, Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dakwah, Vol 14, No 1, Juni.

Rini Risnawita & Nur Ghufron, 2010, Teori- Teori Psikologi, Jakarta :Ar-Ruzz Media.

Republik Indonesia, 2006, Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen &Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun2003 tentang sisdiknas, Bandung:Permana.

Sarwono, Wirawan Sarlito, 2008, Psikologi Remaja , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Singgi, Gunarsa. 2004, Dari Anak sampai Usia Lanjut : Bunga sampai Psikologi Perkembangan, Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.

Soesilowindradini, Psikologi Perkembangan Masa Remaja,Surabaya : Usaha Nasional

Tambak, Syahraini, 2014, Pendidikan Agama Islam, Konsep Metode Pembelajaran PAI, Yogyakarta : PT Graha Ilmi.

Thalib Bachri Syamsul, 2010, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta : Kancana.

Yusuf, Syamsu, 2008, Psikologi Anak dan Remaja, Bandung :PT Remaja Rodakarya.

Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta : Kencana.

Bugin, Burhan, 2007 “Penelitian Kualitatif , Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wasito, Hermawan, 1995, “Pengantar Metodologi Penelitian” Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.6217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats