Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Terisolir

Erika Putri Martono, Solihatun Solihatun, Wahyu Eka Prasetyaningtyas

Abstract


Keterampilan sosial merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain guna membangun hubungan yang baik, tanpa adanya keterampilan sosial dalam diri seseorang maka akan timbul permasalahan seperti halnya tiak memiliki kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara keterampilan sosial dengan kepercayaan diri siswa terisolir. Metode penelitian menggunakan kuantitatif analisa korelasional. Sampel yang diambil berjumlah 19 siswa terisolir kelas VIII dari keseluruhan populasi 123 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiometri, kusioner. Teknik analisa data mengunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh keterampilan sosial dengan kepercayaan diri siswa terisolir. Memiliki besar nilai 12.789, dengan nilai signiikansi sebesar 0,002 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh antara keterampilan sosial dengan kepercayaan diri siswa terisolir.


Keywords


keterampilan sosial; Kepercayaan driri

Full Text:

PDF

References


B. Hurlock, E. (2007). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentan (Edisi 8; dr. Med. Metasari Tjandrasa, ed.). Jakata: Penerbit Erlanga.

Burson. Muhammad, D. (2018). Teori sumber daya manusia. Jakarta: Prenamedia Group.

Cartledge. G. & Milburn, J. F. (1995). Teaching Social Skills to Children & Youth (Innovative; Massachussetts, ed.). Allyn and Bacon.

Dan, F., Nugget, K., & Rinuak, I. (2020). Jurnal pendidikan dan keluarga. 12(01), 53–59.

Elksnin & Elksnin. (1999). Keterampilan Sosial pada Anak Menengah Akhir. (diakses 22 Maret 2018). https://doi.org/http:f4jar.multiply.com/journal/item/191

Ida Rosita. (2013). Efektifitas Bimbingan Kelompok Melalui Permaianan Trasisonal Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/repository.upi.edu

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Kusrini, W., & Prihartanti, N. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dan Keperceyaan Diri dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2), 131–140.

Lauster. (2002a). The Personality Test. London: Pan Books.

Lauster, P. (2002b). Tes Kepribadian (Edisi Baha; Alih Bahasa: D.H Gulo, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

M. Ignoffo. (1999). Everything You Need to Know About Self Confidence (Revised Ed). New York: The Rosen Publishing Group, Inc.

M. si. A. Andi.Dr & M.psi. J. M. Monepa. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini ( teori dan metode pengembangan). Tasikmalaya: Edu Publisher.

Oktasari, M., Solihatun, S., & Monalisa, M. (2018). Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 22–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v1i1.1940

Sangsoko, N. R. (2001). Model Pembelajaran Aksi Sosial untuk Pengembangan Nilai-Nilai dan Keterampilan Sosial (Desertasi.). PPS UPI (tidakdiperdagangkan).

Solihatun, S., & Oktasari, M. (2018). Gambaran Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Wahana Didaktika, 16(3), 330–337. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2108

Widyaningtyas, D., & Farid, M. (2015). Pengaruh Experiential Learning Terhadap Kepercayaan Diri Dan Kerjasama Tim Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03), 237–246. https://doi.org/10.30996/persona.v3i03.413




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats