Hubungan antara kecemasan dan keterbukaan diri dalam pergaulan sehari-hari remaja di Karang Taruna Setiabudi Jakarta

Nurbaiti Nurbaiti, Miskanik Miskanik, Veno Dwi Krisnanda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini dimaksud untuk mengetahui tentang hubungan antara kecemasan dan keterbukaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini dalah angket. Teknik Analisa data dilakukan dengan uji korelasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian disimpulkan secara umum bahwa terdapat hubungan antara kecemasan dan keterbukaan diri di Karang Taruna Setiabudi Jakarta dan menghasilkan hubungan yang negatif. Yang artinya semakin tinggi tingkat kecemasan maka semakin rendah tingkat keterbukaan diri remaja, dan sebaliknya semakin rendah tingkat kecemasan maka semakin tinggi tingkat keterbukaan diri.

Keywords


kecemasan; keterbukaan diri

Full Text:

PDF

References


Alwisol, A. (2014). Psikologi kepribadian edisi revisi. Jakarta: UMM Press.

Akbar, Z., & Faryansyah, R. (2018). Pengungkapan Diri di Media Sosial Ditinjau dari Kecemasan Sosial pada Remaja. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 94–99.

Azwar, Syaifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Corey, G. (2015). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Nelson Education.

Fausiah, F., & Widury, J. (2007). Psikologi Abnormal. Universitas Indonesia, Jakarta.

Gainau, M. B. (2009). Keterbukaan diri (self disclosure) siswa dalam perspektif budaya dan implikasinya bagi konseling. Jurnal Ilmiah Widya Warta, 33(1), 95–112.

Gutji, Nelyahardi& Hera Wahyuni (2021). Guru BK perempuan Jawa-Melayu dan laki-laki Batak lebih mempengaruhi self-disclosure konseli. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Koneling, 2

Hanifia, S. N. (2013). Meningkatkan Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window Pada Siswa Kelas XI IS 1 SMA Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Semarang.

Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya: Fakta penelitian fenomenologi orang tua karir dan anak remaja. -.

Hikmawati, F., Sumadi, S., & Renyaan, V. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar, Tingkat Kecemasan Siswa Dan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).

Hurlock, E.B. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Maharani, L., & Hikmah, L. (2015). Hubungan Keterbukaan Diri dengan Interaksi Sosial Peserta Didik d Sekolah Menengah Pertama Minhajuth Thullab Way Jepara Lampung Timur. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 2(2), 57–62.

Muarifah, A. (2012). Hubungan kecemasan dan agresivitas. Humanitas (Jurnal Psikologi Indonesia), 2(2), 102–112.

Ramaiah, S. (2003). Kecemasan, bagaimana mengatasi penyebabnya. Yayasan Obor Indonesia.

Rahmadhaningrum, A. (2013). Hubungan Keterbukaan Diri (Self-disclosure) Dengan Interaksi Sosial Remaja di SMA Negeri 3 Bantul Yogjakarta. Naskah Publikasi STIKES Aissiyah Yogjakarta

Rhosyidah, K. (2015). Pengaruh keterbukaan diri (self disclosure) terhadap keterampilan komunikasi interpersonal menantu perempuan pada ibu mertua di daerah Karanganyar Probolinggo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Risnawati, R., & Ghufron, M. N. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Sasongko, C. P., & Nurtjahjanti, H. (2017). Hubungan Antara Self Disclosure dengan Kecemasan Menghadapi Pensiun pada Pegawai PT. PLN (Persero) Wilayah Semarang. Empati, 6(1), 54–60.

Silfia, H. (2017). Komunikasi Antarpribadi: Teori dan Praktik. Ar-Ruzz media.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Supratiknya, A. (1995). Komunikasi antar pribadi, tinjauan psikologis. Kanisius.

Syahrum & Salim. (2012). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media

Tri Dayakisni, H. (2012). Psikologi Sosial. Edisi Revisi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Widjaya, A. W. (2000). Ilmu komunikasi: pengantar studi. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.4844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats