Self-esteem dan prokrastinasi akademik siswa

Mawar Nur Fika Putri, Sabrina Dachmiati, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan self-esteem dengan prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 171 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Data dianalisis dengan bantuan SPSS. Hasil analisis korelasi pearson product moment diperoleh nilai r = 0,561; p = 0,000 (p < 0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara self-esteem dengan prokrastinasi     akademik siswa di SMP Negeri 171 Jakarta.

Keywords


self-esteem; prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Ali, M. & Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

El, M. J. T. (2013). Hubungan Antara Self Esteem Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2010 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 (1), 1–17.

Ghufron, M.N. & Rini R.S. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Khotimah, R., Radjah, C., & Handarini, D. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 60–67.

Mruk, C.J. (2006). Self-Esteem Research, Theory, and Practice. New York: Springer Publishing Company Inc.

Prihadi, K. & Chua, M. (2012). Students' Self-Esteem at School: The Risk, the Challenge, and the Cure. Journal of Education and Learning, 6 (1), 1 – 14.

Santoso, S. (2014). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tetan, M.J. (2013). Hubungan Antara Self-esteem dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2010 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 (1), 1 – 17.

Yusuf, A.M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats