Big five personality dalam prestasi belajar siswa

Ahmadi Prayono, Siti Rahmi, Riski Sovayunanto

Abstract


Kepribadian memberikan pengaruh yang unik terhadap pencapaian prestasi belajar siswa. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  big  five  personality  terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 10 Tarakan.  Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan survey. Populasi penelitian sebanyak 246 siswa dan sampel 25 siswa kelas VIII dan 25 siswa kelas IX SMP Negeri 10  Tarakan. Analisis data menggunakan statistik  deskriptif  inferensial  dengan  bantuan  SPSS  24  for  windows.  Berdasarkan  hasil analisis regresi uji t, dimana nilai thitung keseluruhan variabel independen lebih kecil dari nilai ttabel (2,015) dan nilai signifikansi seluruh variabel independen lebih besar dari (0,05). Maka tidak ada pengaruh openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness dan neuroticism yang signifikan pada prestasi belajar siswa SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian   ini   dapat   dijadikan   sebagai   rujukan penelitian yang lebih komprehensif khususnya yang berhubungan dengan faktor   big  five personality   dengan  prestasi belajar sehingga memberikan kontribusi yang lebih luas pada kemajuan dunia pendidikan.

Keywords


big five personality; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariningtyas, dkk 2017. Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Journal of Innovative Science Education. e- ISSN 2502-4523.

Cervone, D. & Pervin. A.L. (2012). Kepribadian, Edisi Ke Sepuluh Buku Dua. Jakarta: Salemba Humanika.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta: AV Publisher.

Ekadana, S.M. (2011). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar di Kalangan Siswa Kelas VIII SMPN se-Kota Singaraja yang Berprestasi Tinggi. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling UNDIKSHA

Feist, J. & Feist, J.G. (2008). Teori Kepribadian, Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gayatri, A., & Hadayati, L. (2014). Pengaruh Big Five Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Sarjana Universitas Sumatera Utara

Komarraju, M., Karau, S.J., Schmeck, R.R., & Avdic, A. (2011). The Big Five Personality Traits, Learning Styles, and Academic Achievement. Personality and Individual Differences, 51, 472-477.

Paunonen, S.V., & Ashton, M.C. (2001). Big Five Predictors Of Academic Achievement. Journal of Research in Personality, 35, 78-90.

Poropat, A.E. (2014). A Meta-Analysis Of The Five-Factor Model Of Personality And Academic Performance. Australia: Department of Management, Griffith University, Nathan, Qld

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rosito. (2018). Eksplorasi Tipe Kepribadian Big Five Personality Traits dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. ISSN: 2443-2202, Vol.4.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sovayunanto & Nurdibyanandaru. (2017). Pengaruh Big Five Personality dan Self Regulated Learning Pada Prestasi Akademi siswa SMA Negeri Di Kota Tarakan. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, e-ISSN 2301-7104, Vol.6.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats