Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap self-acceptance siswa

Annisa Ulil Azmi, Cindy Marisa, Burhanudin Burhanudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui efektivitas atau pengaruh layanan penguasaan konten terhadap self-acceptance (penerimaan diri) siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala. Data dianalisis dengan paired sample t test. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan penguasaan konten terhadap self-acceptance siswa.

Keywords


layanan penguasaan konten; self-acceptance

Full Text:

PDF

References


Alfiana, I. (2017). Penerimaan Diri Remaja Keluarga Broken Home Di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Budhi Sakti Banyumas. IAIN.

Citra, L. R. A., & Eriany, P. (2015). Penerimaan diri pada remaja puteri penderita Lupus. Psikodimensia, 14(1), 67–86.

Damayanti, A. A. M., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Peran Citra Tubuh Dan Penerimaan Diri Terhadap Self Esteem Pada Remaja Putri di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi, 5(2), 424–433.

Dumaris, S., & Rahayu, A. (2019). Penerimaan diri dan resiliensi hubungannya dengan kebermaknaan hidup remaja yang tinggal di panti asuhan. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(1), 71–77.

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129.

Hortensi, G. (2020). Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik konseling individual untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 5 Mataram. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 159–169.

Khakim, H. M., & Imron, A. (2019). Habituasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. Paradigma, 7(4).

Khoiryasdien, A. D., & Warastri, A. (2020). Pelatihan Berpikir Positif untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Survivor Bipolar di Yogyakarta. Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 16(2), 317–335.

Kusumaningsih, L. P. S. (2017). Penerimaan diri dan kecemasan terhadap status narapidana. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 234–242.

Kusumawardhani, D. D., & Mamesah, M. (2020). Gambaran Penerimaan Diri Siswa yang Mengalami Perceraian Orangtua. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(2), 138–149.

Mustagfirin, M., & Arjanggi, R. (2020). Hubungan Antara Penerimaan Diri dengan Penyesuaian Diri Pada Wanita Bercadar. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 15(1), 68–77.

Paryontri, R. A. (2018). Kepribadian Islami dan Kualitas Kepemimpinan. Unisia, 37(82), 57–67.

Piran, A. Y. A., Yuliwar, R., & Ka’arayeno, A. J. (2017). Hubungan antara penerimaan diri dengan kepercayaan diri dalam interaksi sosial pada remaja penyandang cacat fisik di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1).

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: RajaGrafindo Persada.

Putri, L. P., Entoh, C., Noya, F., Sitorus, S. B. M., & Siregar, N. Y. (2021). Penyuluhan tentang Peran Orang Tua dan Lingkungan terhadap Perkembangan Remaja di Desa Betania. Community Empowerment, 6(4), 579–582.

Rachmat, N. (2018). Gambaran Penerimaan Diri Pasien Paska Amputasi Tranrtibia Setelah Menggunakan Transtibial Prosthesis. Jurnal Pendidikan Kesehatan (E-Journal), 7(1), 10–15.

Rosito, A. C. (2018). Eksplorasi tipe kepribadian big five personality traits dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 6–13.

Sari, I. N. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Seks dengan Perilaku Seksual pada Remaja di SMA N 21 Kota Batam Tahun 2019. Journal of Midwifery and Reproduction, 3(2), 27–31.

Ulan, A., Idris, I., & Alwi, N. M. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Pedagogika, 120–133.

Wilcox, L. (2018). Psikologi Kepribadian: Menyelami Misteri Kepribadian Manusia. DIVA PRESS.

Wini, N., Marpaung, W., & Sarinah, S. (2020). Optimisme Ditinjau Dari Penerimaan Diri Pada Remaja di Panti Asuhan. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 15(1), 12–21.

Yahya, V. E., Sucipto, S., & Masturi, M. (2020). Pengingkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain Peran. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats