Pola asuh suku dayak lundayeh di kota tarakan

Dewi Sugiarti, Siti Rahmi, Suriata Suriata

Abstract


Setiap keluarga memiliki pola asuh yang berbeda. Pola asuh adalah suatu cara mendidik anak untuk memberikan dorongan bagi anak dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan, dan nilai-nilai yang dianggap paling tepat dalam bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana  pola asuh suku Dayak Lundayeh di Kota Tarakan. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitiannya adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua suku Dayak Lundayeh kepada anak-anaknya adalah pola asuh demokratis dan orang tua suku Dayak Lundayeh masih memegang adat istiadat  seperti  bak tang bak kukut (basah mulut basah lutut), maksudnya adalah bila menginginkan sesuatu maka berusaha untuk menggapainya, dan  mengajarkan untuk tidak mudah putus asa kepada anak-anaknya. Berdasarkan fenomena tersebut diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang objek penelitian yang sama.

Keywords


pola asuh; suku dayak; lundayeh

Full Text:

PDF

References


Agency, B. & Tridhonanto, A. (2014).Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Gramedia.

Depdikbud.(1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, H.I.R. (2014). Pola Asuh Dalam Keluarga Masyarakat Samin (Studi Kasus Desa Klopoduwur). Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Djamarah, S.B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawati, S. (2015). Peningkatan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Bermain Tebak Ekspresi Dalam. http://eprints.ums.ac.id/2015/9/11.NASKAH_PUBLIKASI_SAFITRI.pdf.

Fransiska, S. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dayak di Rumah Betang Ensaid Panjang. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(02). http://www.e-journal. hamzanwadin.ac.id/index.php/jga/article/view/1655/0.

Gunarsa, S. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulya.

Moleong, L.J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratisti, W.D. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Septiari, B.B. (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orangtua. Yogyakarta: Nuha Medika.

Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua (Dalam Membantu Mengembangkan Disiplin Diri). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yansen, G. & Ricky, Y. (2018). Dayak Lundayeh Idi Lun Bawang Budaya Serumpun di Dataran Tinggi Borneo. Palangka Raya: Lembaga Literasi Dayak.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats