Analisis Sentimen Pada Ulasan Produk di E-Commerce dengan Metode Naive Bayes

Assami Muzaki, Vici Febriana, Wahyu Nur Cholifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem analisis sentimen pada ulasan produk di platform E-commerce menggunakan metode Naive Bayes. Sistem ini dirancang untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan menjadi positif atau negatif. Tujuan utama penelitian ini adalah menciptakan sebuah website interaktif yang mampu melakukan analisis sentimen secara real-time dan juga dapat menerima file berbentuk CSV untuk melakukan analisis sentimen sekaligus pada banyak ulasan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan pengembangan sistem. Data ulasan produk diperoleh dari platform E-commerce dan diproses melalui tahap preprocessing untuk mempersiapkan data teks. Hasil pembahasan meliputi pengembangan sistem analisis sentimen berbasis metode Naive Bayes serta implementasinya dalam bentuk website interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan sistem analisis sentimen menggunakan metode Naïve Bayes berhasil menciptakan sebuah website interaktif yang efektif dalam melakukan analisis sentimen ulasan produk di platform E-commerce.

Keywords


Analisis Sentimen; Naive Bayes; Ulasan Produk; E-commerce

Full Text:

PDF

References


Devika, M. D., Sunitha, C., & Ganesh, A. (2016). Sentiment analysis: a comparative study on different approaches. Procedia Computer Science, 87, 44–49.

Evasaria M. Sipayung, Herastia Maharani, & Ivan Zefanya. (2016). Perancangan Sistem Analisis Sentimen Komentar Pelanggan Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 8(1), 2355–4614. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Gunawan, B., Pratiwi, H. S., & Pratama, E. E. (2018). Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 4(2), 113. https://doi.org/10.26418/jp.v4i2.27526

Heliyanti Susana. (2022). Penerapan Model Klasifikasi Metode Naive Bayes Terhadap Penggunaan Akses Internet. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v4i1.96

Noer, G. (2023). Implementasi Agoritma Naïve Bayes dan TF-IDF Dalam Analisis Sentimen Data Ulasan (Studi Kasus: Ulasan Review Aplikasi E-commerce Shopee di Situs Google …. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/68747%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/68747/1/GERALD HALIM AL RASYID NOER-FST.pdf

Prihandoyo, T. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. 03(01), 126–129.

Rais, T. I. (2022). Analisis Sentimen Terhadap Komentar Video Youtube Raiden Shogun-Judgment of Euthymia Menggunakan Metode Majority Voting. Fakultas Sain Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online JD.ID Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer SIMETRIS, Vol 10, No. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3487

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Yanti, S. N., & Rihyanti, E. (2021). Penerapan Rest API untuk Sistem Informasi Film Secara Daring. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(1), 195. https://doi.org/10.32493/informatika.v6i1.10033




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i4.9647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: