Implementasi Augmented Reality pada Aplikasi Pengenalan Hewan Mamalia Berbasis Android

Siti Fatmala Sari, Fitriana Destiawati, Lengsi Manurung

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengimplementasikan aplikasi pengenalan hewan mamalia berbentuk 3D dengan menggunakan augmented reality yang berbasis android. Aplikasi ini berguna untuk membantu minat belajar anak-anak dalam mengenali hewan mamalia yang sering diliat dan didengar di lingkungan. Dengan menggunakan augmented reality dapat mempermudah melihat objek yang dituju contohnya hewan mamalia tanpa harus pergi ke kebun binatang. Pengembangan teknik pelacakan dan representasi objek 3D yang realistis juga dapat meningkatkan peforma teknologi augmented reality dalam pengenalan hewan mamalia ini.


Keywords


Augmented Reality; Hewan Mamalia; Android

Full Text:

PDF

References


Amin, R. (2020). Augmented Reality Introduction to Computer Hardware Using Tracking Method In UP “YPTK” Computer System Labor, Padang. Jurnal KomtekInfo, Vol. 7 No. 3.

Andriansyah, M., Talaohu, S., Subali, M., Purwanto, I., S Anonius, I., & Saptono, D. (2019). Rancang dan Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android dengan Vuforia dan Unity. Jakarta: Gunadarma.

Aprilinda, Y., Endra, R.Y., Afandi, F.N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D.S. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), Vol. 11 No. 2.

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 9 No. 2.

Hidayat, M., Primantara, R., & Subandi. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Komputer (Hardware) Berbasis Augmented Reality. International Seminar on Education, Technology, and Art. Vol 1, 19.

Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. (2016). Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Kamelia, L. (2015). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Kuliah Kimia Dasar. Jurnal ISTEK. Vol. IX No 1.

Mahendra, I.B.M. (2016). Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK. Junrla Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 9 No. 1.

Mustaqim, I. & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1 No. 1.

Oktaviani, I., Tursina, & Sukamto, A.S. (2019). Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Vol. 7 No. 2.

Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. F. N. (2015). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.9211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: