Sistem Pendukung Keputusan Karyawan Terbaik pada PT Lathisa Derma Kosmetik Bogor Menggunakan Metode SAW

Muhamad Aji Prasetyo, Ambar Tri Hapsari, Alhidayatuddiniyah T.W. Alhidayatuddiniyah T.W.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pendukung keputusan karyawan terbaik dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) pada PT. Lathisa Derma Kosmetik Bogor. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi perumusan masalah, pengumpulan data, analisis penyelesaian masalah, implementasi algoritma, dan penarikan simpulan penelitian. Hasil pembahasan menunjukan bahwa metode SAW efektif digunakan dalam pemilihan karyawan terbaik, dengan mampu memperhitungkan berbagai faktor relevan yang berpengaruh dalam proses pemilihan. Penggunaan bobot pada setiap faktor membantu dalam memberikan peringkat atau skor pada setiap karyawan, sehingga membantu dalam membuat keputusan yang lebih terukur. Selain efektivitasnya, penerapan metode SAW dalam sistem pendukung keputusan juga membawa manfaat dalam efisiensi waktu dan sumber daya manusia. Proses pemilihan karyawan terbaik yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini dapat dipercepat dengan dukungan dari sistem yang terkomputerisasi.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Karyawan Terbaik; Simple Additive Weighting (SAW)

Full Text:

PDF

References


Abadi, S., & Febriani, L. (2016). Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan pada Perusahaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. jurnal TAM (Technology Acceptance Model), vol 6, 37–43.

Creswell, Jhon W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jayanti, L.D. 2014. Implementasi Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pada BPR BKK KARANGANYAR Kab. Pekalongan. Semarang: Jurnal Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro.

Josica Aprilia & Yumi Novita Dewi. (2022). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Barang Terlaris Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Toko Distro Lengge Jakarta. Jurnal Siliwangi, Vol. 8(1), 7–12.

Munthe, Hotmaria Ginting. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting. ISSN: 2301-9425. Medan: Pelita Informatika Budi Darma Vol IV, No. 2 Agustus 2013: 52-58.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Prasetya, P. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Laptop Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Universitas Indraprasta PGRI.

Setiawan, D. A. (2020). Implementasi Metode Simple Additive Weighting pada Penetuan Karyawan Terbaik. Universitas Bina Sarana Informatika.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, M. R. (2020). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Fantasi Erestama Cemerlang. Jurnal Sintaksis, Vol 3(1), 49–56.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.9042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: