Implementasi Algoritma C4.5 untuk Memprediksi Kesesuaian Gaya Belajar Siswa SDN 02 Pesido Berbasis Java
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu sistem yang dapat memprediksi gaya belajar siswa pada SDN 02 Pesido, karena belum adanya sistem yang dapat membantu guru untuk memprediksi gaya belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. penelitian untuk memprediksi gaya belajar siswa ini menggunakan data dari 18 siswa di SD Negeri 02 Pesido. Metode yang digunakan adalah Decision Tree menggunakan Algoritma C4.5 dengan 4 atribut. Hasil penelitian Terdapat 12 rules yang dapat digunakan untuk memprediksi gaya belajar dari masing-masing siswa di SD Negeri 02 Pesido. Sistem ini dibuat dengan bahasa pemrograman Java.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hardiyanto, H., Abdussomad, A., Haryadi, E., Sopandi, R., & Asep, A. (2019). Penerapan Model Waterfall Dan Uml Dalam Rancang Bangun Program Pembelian Barangberorientasi Objek Pada PT. FUJITA INDONESIA. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(4), 4–11.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48.
Mamusung, A. A., Anshary, N. B., & Sumarni, R. A. (2020). Perancangan Sistem Monitoring Gangguan Akses Wifi. Id PT Telkom Wilayah Jakarta Timur Berbasis Netbeans. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 3(3).
Mustofa, H., Prasetyo, I. A., Supriadi, S., Prasetyo, R. H., & Yasri, M. (2021). Metode Decision Tree Dalam Pemilihan Gaya Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. SAINTEK: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi Industri, 5(1), 21–29.
OSCARIO, JASMIR, & YUDI. (2019). PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KECOCOKAN GAYA BELAJAR BAGI SISWA SISWI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SD SARIPUTRA Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kecocokan Gaya Belajar Bagi Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Sariputra Jambi). Jurnal Processor, 14(2), 141–152. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.637
Pasaribu, A. F. O. (2021). Analisis Pola Menggunakan Metode C4. 5 Untuk Peminatan Jurusan Siswa Berdasarkan Kurikulum (Studi Kasus: Sman 1 Natar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 80–85.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.
Sari, D. N., Oktavianto, H., & Saifudin, I. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal Smart Teknologi, 3(4), 413–422.
Sari, N. R. (2021). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa Di Sd Al-Hidayah Tangerang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 8(1), 68–74.
Takalapeta, S. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Algoritma C4. 5. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 3(3).
DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i4.8982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: