Perancangan Sistem Pengelolaan Persediaan Barang pada PT Prima Indostar Lubritama

Reza Pahlevi, Achmad Birowo, Sri Rezeki

Abstract


Sistem pengelolaan data persediaan barang merupakan suatu sistem untuk melakukan proses pengelolaan data persediaan barang pada suatu tempat. Sistem seperti ini umumnya sudah banyak sekali digunakan pada perusahaan dalam mengelola data persediaan barang yang ada pada perusiahaan. Sebagaimana pada PT. Prima Indostar Lubritama saat ini belum dapat dilakukan pengontrolan ketersediaan barang dengan baik.  Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan langsung ke tempat penelitian, melakukan wawancara, analisa kebutuhan, melakukan perancangan lalu mendokumentasikan hasil penelitian serta data yang dibutuhkan. Dari hasil analisa kebutuhan diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah berikut yaitu  proses pencarian dan pengolahan data persediaan barang pada gudang saat ini masih memakan waktu yang cukup lama dan kadang terjadi kesalahan, kerusakan, atau kehilangan data barang yang ada di gudang. Oleh karena itu peneliti akan membangun suatu sistem yang dapat melakukan penyimpanan dan pengelolaan data persediaan barang berbasis komputer dengan sistem multi user, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja kerja karyawan dalam pengontrolan ketersediaan barang di perusahaan. Hasil penelitian ini adalah dibangunnya sistem terkomputerisasi yang dapat membantu semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan data barang masuk dan keluar, pengelolaan reject barang, permohonan pembelian barang, dan laporan tidak lagi dilakukan secara manual.


Keywords


Perancangan; Sistem Pengelolaan Persediaan Barang; Java; MYSQL

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2011). Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu.

Agus, & Teguh. (2015). Manajemen Kearsipan Modern. Gava Media.

Cahyani, D. H. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat keluar di Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut. Universitas Indraprasta PGRI.

Jogiyanto, H. . (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisni. CV Andi Offset.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Rahmawati. (2017). Sistem Informasi Inventory Stok Barang pada CV. Artha Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Rhodes, D. L. (2012). The Systems Development Life Cycle (SDLC) as a Standard : Beyond the Documentation. SAS Global Forum 2012: Planning and Support, 194–2012, 1–5. http://support.sas.com/resources/papers/proceedings12/194-2012.pdf

Sahil, B., Ankur, S., & Rani, U. (2017). A detailed study of Software Development Life Cycle (SDLC) Models. Bulletin de La Societe de Pathologie Exotique (1990), 91(1), 13–16. https://doi.org/10.18535/ijecs/v6i7.32

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Askara.

William J, S., & Chuon, S. C. (2014). Manajemen Operasi : Perspektif Asia (Edisi 9). Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: