Perancangan Sistem Informasi Manajemen Coffee Shop Berbasis Java

Rahul Ramadani, Abdurahman Abdurahman, Ade Lukman Nulhakim

Abstract


Kedai Kopi Kayo merupakan usaha menengah dan bergerak dalam bidang food and beverage khususnya berbagai macam minuman olahan kopi indonesia. Manajemen Kedai Kopi Kayo saat ini belum menggunakan masih menggunakan sistem manual seperti, proses pengolahan data pembelian dan penjualan produk yang masih dicatat dalam buku besar. Kondisi tersebut menyebabkan beberapa masalah diantaranya adalah sering terjadi kesalahan atau human error, karyawan sering mengalami kesulitan dalam hal pengolahan data maupun pada proses transaksi, terjadi ketidaksesuaian dalam stok barang dan pembuatan laporan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi yang mudah digunakan oleh karyawan dalam mengelola data maupun proses transaksi, menghasilkan sistem informasi yang dapat melihat stok barang dan membantu proses pengecekan barang yang masih tersedia agar dapat berjalan secara efisien dan pembuatan laporan tidak banyak memakan waktu. Aplikasi dirancang dengan menggunakan java. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengembangan sistem menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan metode pengumpulan data secara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi manajemen data yang menggunakan bahasa pemrograman java dan menggunakan database MySQL sebagai media penyimpanan data.


Keywords


Sistem Informasi; Pengelolaan Data; Java

Full Text:

PDF

References


Adyanata, L. (2016). Basis Data Dasar. Deepublish.

Al Fajri Ali. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Barang Berbasis Java Programming. SIMTIKA, 2(1), 8–17.

Arisandi, D., Puspitasari, I., & Annisah, A. (2017). Diagnosa Gangguan Perkembangan Anak Dengan Metode Fuzzy Expert System. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v8i1.613

Gregorious Agung. (2018). Belajar php dan mysql untuk pemula. HTML, PHP, Dan MySQL Untuk Pemula, 190.

Poperwi, L. (2018). Principles of Management : Their Relevance and Applicability in the Management of Current and Future Organisations. Scholars Journal of Economics,Business and Management (SJEBM), 5(9), 808–812.

Rifhal Adriansyah. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO UDIN MAKASAR. JURNAL FASILKOM, 10(3), 277–281. https://doi.org/10.37859/jf.v10i3.2282

Romiyadi, R. (2016). Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Topik Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatiaka (Studi Kasus :Politeknik Muarateweh) Rizar Romiyadi. Jurnal Bianglala Informatika, 4(1), 1–10.

Rouse, M. (2009). What is the systems development life cycle (SDLC)? - Definition from WhatIs.com. SearchSoftwareQuality.

Rusmawan, U. (2019). Tekinik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman - Pengertian ERD. Marlinda.

Siahaan, C. E., Aldfarisi, S., & Astuti, P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Coffee Shop Pada Urip Urup Berbasis Java. Semnas Ristek 2021, 5(1), 967–972. Retrieved from http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5118

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Penelitian, (Yogyakarta : Suaka Media), 34–45.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.8455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: