Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis

Afri Delfiza, Ade Pratama, Haris Kurniawan

Abstract


Masalah pada penelitian ini yaitu siswa belum memahami materi akibatnya banyak nilai siswa yang rendah, kurangnya minat belajar serta motivasi siswa dalam  proses belajar mengajar, belum adanya media interaktif berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X di SMKN 1 X Koto Diatas menggunakan aplikasi smart app creator, serta mengetahui kualitas media pada perancangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X di SMKN 1 X Koto Diatas. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahap yaitu Consept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Dengan  menggunakan pengujian alpha dan beta. Pengujian alpha dilakukan dengan metode Black Box, sedanagkan pengujian beta diantaranya validitas materi, validitas media dan uji kelayakan pengguna. Hasil pada pengujian Black Box dinyatakan valid dengan keterangan semua tombol dan halaman pada media pembelajaran interaktif berfungsi dengan baik, hasil pengujian beta pada validasi materi 0,95% dengan kategori valid, hasil uji media 0,94% dengan kategori valid , uji kelayakan kepada pengguna 88,8%, dengan kategori sangat baik.


Keywords


Media Pembelajaran; Android; MDLC

Full Text:

PDF

References


Afthori, D. A., Kurniadi, D., & Atmadja, A. R. (2019). Perancangan Media Interaktif Rumus Bangun Ruang Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. INTEGRATED (Information Tecknology and Vocational Education), 1(2), 9–13.

Ahyat, N. (2017). EDUSIANA : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206.

Kuswanto, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 6(2), 78–84.

Mapicayanti, D., Jamaludin, J., & Fathoni, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mendesain Jaringan Lokal/LAN Kelas X TKJ. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 59.

Qomariah, S., Nasir, M., & Rahmadani, R. (2022). Implementation of Learning Management System based on Moodle Ruang Belajar for Optimizing Online Learning. Jurnal Komputasi, 10(1), 35–46.

Setiawan, E., Syaripudin, U., & Gerhana, Y. A. (2016). Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android. Jurnal Online Informatika, 1(1), 28.

Shebastian, I. G. R., Putrama, I. M., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “ Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan ” Pada Mata Metode Gamefikasi Untuk Siswa Kelas Ii Di Sekolah Dasar. Karmapati, 9(Mdlc).

Toha, A. F. M., & Khasanah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2), 145–156.

Trianto, B., Feladi, V., & Fatmawati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Pengembangan Jaringan Sederhana. … Pendidikan Mipa Dan …, 6(1), 31–38.

Zhelmico Hananta Agustiar, S. C. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di Smk Negeri 1 Mojokerto. Jurnal IT-EDU, 5(1), 23–29.

Zulfa, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Multimedia SMK Islam Al Amin Bonang Demak. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 26.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.8447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: