Perancangan Sistem Informasi Penjualan Alat Tulis pada Toko Nusantara Barokah Berbasis Java

Adi Santoso, Ari Irawan, Ari Irawan

Abstract


Toko Nusantara Barokah adalah toko penyedia berbagai alat tulis kantor, pada proses penjualan belum terkomputerisasi, sehingga dalam pembuatan tanda bukti penjualan dilakukan dengan cara tulis tangan pada nota, kesulitan di dalam pencarian data barang, data penjualan dan data pembelian, serta sering terjadi kehilangan data transaksi penjualan dan proses pembuatan laporan yang lama dan kurang akurat. Tujuan Penelitian adalah membangun dan merancang program sistem informasi penjualan pada toko nusantara barokah secara terkomputerisasi dengan menggunakan barcode scanner sehingga memudahkan dalam proses penjualan dan bukti pembayaran, dibuatkan fitur pencarian data berdasarkan kategori untuk mempermudah pencarian data barang, data penjualan dan dara pembelian, untuk penyimpanan data transaksi penjualan menggunakan database MySQL sehingga data lebih terjaga dan aman dari kehilangan, serta pembuatan laporan lebih cepat dan akurat dengan dibuat sistematis. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Grounded Research  yaitu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori pengumpulan data dan analisis data berjalan pada waktu yang bersamaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkan aplikasi sistem penjualan pada toko nusantara barokah menjadi lebih baik dan lebih terstruktur karena sudah terkomputerisasi.


Keywords


Sistem Informasi; Penjualan; Alat Tulis Kantor; Java

Full Text:

PDF

References


Ali, A. F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Barang Berbasis Java Programming. Jurnal Simtika, 2(1), 8–17.

Ananditya, A., Sriyono, S., & Yanti, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Voucher Game Online Berbasis Desktop pada Aren.Net di Depok. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(01).

Excelina, D., Astuti, P., & Mufti, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada PT Royal Agung Berdikari. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 2(02). https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.1266

Kristianto, E., Syamsiah, S., & Heriyati, H. (2022). Perancangan Sistem Aplikasi Persediaan ATK Menggunakan Java dan Mysql pada PT Delwin Jaya. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 3(03).

Marsudi, D., Mufti, A., & Lestari, M. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Sparepart pada Toko Kim Jaya Motor. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03). https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.382

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Definisi Diagram Konteks. J. UML, 9(25), 48.

Seprianti, V. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Bahan Bangunan CV. Damar Abadi Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1-69.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung (p. 12). Alfabeta Bandung.

Shalahuddin, M., Sukamto, R. A. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi. Book. Informatika.

Jogiyanto. (2017). Konsep Dasar Sistem Informasi. Konsep Dasar Sistem Informasi, 1–36.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.8324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: