Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Indramayu Berbasis Android

Nico Andrianto, Rizki Ridwan, Aulia Ar Rakhman Awaludin

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Kemajuan akan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berperan penting di dalam masyarakat. Oleh karena itu, dengan pemanfaatan teknologi khususnya smartphone dibuatlah sebuah aplikasi yang akan menampilkan informasi mengenai kebudayaan untuk membantu mengenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai kebudayaan Indonesia khususnya budaya Indramayu. Dengan aplikasi pengenalan budaya Indramayu ini diharapkan dapat membantu masyarakat luas untuk mempelajari Bahasa dan budaya Indramayu di mana saja tanpa harus membawa buku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu suatu penelitian kontekstual yang menjadikan manusia sebagai instrumen, dan disesuaikan dengan situasi yang wajar dalam kaitannya dengan pengumpulan data yang pada umumnya bersifat kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan aplikasi pengenalan budaya Indramayu sebagai solusi atas kurangnya pengetahuan masyarakat tentang budaya Indramayu agar masyarakat lebih mudah mempelajari budaya Indramayu dan generasi muda lebih minat untuk mempelajari dan melestarikan budaya Indramayu.


Keywords


Perancangan Aplikasi; Aplikasi Android; Aplikasi Pengenalan Budaya; Budaya Indramayu

Full Text:

PDF

References


Binanto, I. (2014). Analisa Metode Classic Life Cycle ( Waterfall ) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Jurnal Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://doi.org/10.13140/2.1.1586.4968

Kusniyati, H., & Pangondian Sitanggang, N. S. (2016). APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA. https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5573

Murtiwiyati, & Lauren, G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar berbasis Android. Jurnal Ilmiah.

Pramana, H. W. (2012). Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Prof. Dr. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D). In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Rizky, Soetam. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rina Devianty. (2017). BAHASA SEBAGAI CERMIN KEBUDAYAAN. JURNAL TARBIYAH.

Safaat, N. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung. In Android.

Saputra, A., Beny, & Nugroho, A. (2014). Perancangan Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris (Studi Kasus : Sdn.58/Vii Teluk Rendah Sarolangun). Jurnal Ilmiah Media Processor, 9(1), 54–66.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. In Jurnal Administrasi Pendidikan UPI.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: