Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Kantor Akuntan Publik Heliantono dan Rekan Jakarta

Sultan Maulana Hakim, Nandang Suwela, Retna Ningsih

Abstract


Kantor Akuntan Publik Heliantono dan Rekan merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa asurans, akuntansi, perpajakan, jasa keuangan, dan jasa manajemen. Sampai saat ini, dalam proses administrasinya seperti pencatatan dan pengumpulan data hasil audit sering terjadi kesalahan dikarenakan human error dan ruang penyimpanan yang masih terpisah-pisah di beberapa rak penyimpanan. Maka, rumusan masalah yang ada yaitu membuat aplikasi sistem administrasi yang multiuser. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan laporan data administrasi yang memberikan efisiensi dan efektivitas kerja sehingga dapat membantu pihak instansi dalam membuat strategi di masa yang akan datang.  Adapun metodologi penelitian yang digunakan dalam perancangan sistem informasi administrasi ini adalah research and development, yang pengambilan datanya melalui studi pustaka, interview, dan observasi. Hasil dari Penelitian ini yaitu adanya suatu perangkat lunak yang dibentuk menggunakan bahasa pemrograman Java dan penyimpanan data memakai database dari MySQL. Selain itu, menjadi solusi yang selama ini menghambat dalam pendataan dan pelaporan sehingga menghasilkan laporan hasil audit yang diperlukan dan akurat.


Keywords


Sistem; Administrasi; Akuntan; Java

Full Text:

PDF

References


Afyenni, R. 2014. (2014). Perancangan Data Flow Diagram untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada SMA Pembangunan Laboratorium UNP). Teknoif, 2(1).

Agusti, R., Nastia, D., & Pertiwi, P. (2013). Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Se Sumatera). Jurnal Ekonomi, 21(September).

Ching, R., & Yakub, Y. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada PT. Eagle Indo Pharma. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 3(2).

Edi, D., & Betshani, S. (2009). Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal informatika, 5(1), 71-85.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1).

Mulyadi, M., & TDKW, Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertimbangan Auditor Dalam Mengevaluasi Bukti Audit Pada Kantor Akuntan Publik: Studi Empiris di Jawa Tengah dan DIY. ProBank, 3(1).

Rizal, W. M., Bustanul, N., & Hutajulu, B. M. W. (2021). PERANCANGAN APLIKASI ADMINISTRASI SISWA PADA SMK Al-MUHAJIRIN DI DEPOK BERBASIS JAVA NETBEANS. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(2).

Rosa dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyarini, D., & Sabirin, F. (2018). Analisis Perancangan Sistem Informasi Administrasi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.8139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: