Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Karyawan PT Global Sinergi Teknikindo Berbasis Java Netbeans

Dinda Rizki Kusmijati, Wanti Rahayu

Abstract


Dalam studi kasus PT. Global Sinergi Teknikindo, dalam pendataan karyawan yang meliputi pengolahan data karyawan, data jabatan, data absensi, data cuti serta pengolahan data perintah tugas, instansi ini telah memanfaatkan layanan komputer untuk menunjang kegiatan. Instansi ini sehari-hari menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel yang sederhana dalam penyimpanan data. Peneliti ingin mengubah sistem informasi sederhana yang telah ada sebelumnya. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja HRD di PT. Global Sinergi Teknikindo dalam mengolah data karyawan menjadi lebih efektif, efisien, akurat, cepat dan tepat. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah teknik pengumpulan data yang meliputi metode observasi, metode wawancara, dan penelitian kepustakaan sebagai penunjang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Karyawan menggunakan aplikasi Netbeans dengan bahasa pemrograman Java dan Database MySQL. Dimana sistem ini dapat lebih mudah diterapkan pada PT. Global Sinergi Teknikindo dan membantu dalam pengolahan data karyawan dalam pembuatan laporan untuk pihak yang membutuhkan. 

Keywords


Perancangan; Sistem Informasi; Pengolahan Data; Karyawan; Berbasis Java

Full Text:

PDF

References


Abdullah, D. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data pegawai Berbasis WEB Di Setdakab Aceh Utara. Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 4(1), 36.

Abdurahman, M. (2018). Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Informatika, 1(2), 4. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v1i2.10

Dadan, & Developers, K. (2015). Membuat CMS Multifutur (Pertama). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Dhika, H., Isnain, N., & Tofan, M. (2019). Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan Mysql. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 3(2), 107.

Mallu, S. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(2), 3.

Muhammad, F., & Putri, S. L. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus di PT Perkebunan Nusantara VIII Tambaksari). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 12(1), 5.

Natsir, M. (2016). Pengembangan Prototype Sistem Kriptografi Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Data Office Menggunakan Metode Blowfish Dengan Bahasa Pemrograman Java. Jurnal Format, 6(2), 93.

Nugraha, I. H., & Melasari. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Karyawan Berbasis Web di Percetakan Quick Corp Tanuwijaya Tasikmalaya. Jurnal Teknik Informatika, 7(2), 34.

Retnosari, D., & Haris, M. (2016). Implementasi sistem jasa pembangunan dan desain rumah menggunakan adobe dreamweaver. Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 32.

Santi, I. H. (2020). Analisa Perancangan Sistem. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sholikhah, I., Sairan, M., & Syamsiah, N. O. (2017). Aplikasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dagang Pada CV Gemilang Muliatama Cikarang. Teknik Komputer AMIK BSI, III(1), 2.

Sihotang, H. T. (2018). Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 7–8.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.8067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: