Sistem Informasi Penjualan Babacakan Sate Maranggi Parung Berbasis Java

Karin Mahararindri

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang sampai saat ini banyak diterapkan kepada perusahaan besar maupun yang kecil. Namun, masih ada beberapa yang tidak menerapkan hal ini salah satunya adalah rumah makan Babacakan Sate Maranggi yang masih secara manual mengolah data menggunakan Microsoft excel. Sistem yang masih manual ini menyebabkan sering terjadinya kesalahan yang ada. Sehingga peneliti berkeinginan untuk membuat perancangan sistem informasi penjualan pada Babacakan Sate Maranggi yang terkomputerisasi agar pengolahan data, kegiatan transaksi dan perekapan data menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi ini dapat memaksimalkan pendataan yang ada pada Babacakan Sate Maranggi dikarenakan data tersimpan ke dalam database. Proses transaksipun dapat dengan mudah dilakukan sehingga dapat menghemat banyak waktu. Perselisihan data yang biasa terjadi antara barang keluar dengan transaksi penjualan dapat dicegah sehingga memungkinkan melakukan pendataan secara maksimal dengan penggunaan sistem yang terkomputerisasi. Dan juga meminimalisir kesalahan yang ada pada Babacakan Sate Maranggi. Sistem informasi penjualan ini memudahkan para pegawai dalam melakukan perekapan data yang akurat sehingga pembuatan laporan akan menjadi lebih efektif dan juga efisien karena data yang tersimpan ke dalam database secara otomatis dapat dicetak. Pencarian data yang dibutuhkan akan lebih mudah dilakukan dan meminimalisir terjadinya kehilangan data yang dapat merugikan rumah makan.


Keywords


Perancangan; Sistem; Informasi; Penjualan; Java

Full Text:

PDF

References


Ananda, I., Zuraidah, E., Kunci, K., & Sparepart, D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada PT Asia Truk Pratama Jakarta. 6(2), 193–200.

Andharsaputri, R. L. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Produk Konveksi Dengan Menerapkan Metode System Development Life Cycle Resti Lia Andharsaputri. 5(1), 56–65.

Anggi Oktaviani, Dahlia Sarkawi, A. P. (2018). Perancangan Aplikasi Penjualan Dengan Metode Waterfall Pada Koperasi Karyawan Rsud Pasar Rebo. Petir, 11(1), 9–24. https://doi.org/10.33322/petir.v11i1.3

Ansori. (2016). Sistem Informasi E-Commerce Penjualan Songket Pada Toko Cek Ila Palembang Berbasis Web. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Argi, S. T., & Risdiana, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Motor Secara Tunai Pada Yamaha Victory Depok Berbasis Java. 01(02), 274–281.

Cristianto. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada HI Gadget Store. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Gici Batam.

Handayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. 10, 182–189.

Ihsan, M., & Wulandari, N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Campus Mart Unimuda Sorong dengan PHP Dan MySql. 1(1).

Muhammad Iqbal, Bagus Setya R, S.Kom M.Kom, 3 Heny Wahyu, S. K. (2016). Sistem Peramalan Menggunakan Metode Triple Exponential Smothing Untuk Stok Bahan Spare Part Motor Di Garuda Motor Jajag. 1110651220.

Nugroho, I. A. (2012). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Toko Online Wara Computer Yogyakarta.

Sarkawi, D., & Sekretari, P. S. (2018). Perancangan Aplikasi Penjualan Dengan Metode Waterfall. 11(1), 9–24.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.7946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: