Perancangan Aplikasi Penjualan Alat Listrik pada Toko Bintang Timur Jakarta Berbasis Android

Farah Azhari, Alusyanti Primawati, Aulia Ar Rakhman Awaludin

Abstract


Di era digital saat ini teknologi semakin canggih dan semua orang yang ditemui hampir semuanya menggunakan smartphone. Teknologi ini akan sangat berguna jika diterapkan pada perusahaan, salah satunya perusahaan yang mempunyai sistem penjualan. Bintang Timur merupakan toko yang menjual berbagai macam alat-alat listrik. Selama ini, toko tersebut belum mempunyai sistem penjualan. Berdasarkan masalah yang terjadi, maka muncul rumusan masalah yang bertujuan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh Bintang Timur yaitu dengan membuat aplikasi mobile yang dapat membuat penyimpanan data yang terhubung dengan sistem, dan mampu membuat/mengelola laporan yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem penjualan yang terhubung dengan smartphone mereka, membuat penyimpanan data yang terhubung dengan sistem, membuat pencarian data yang terhubung dengan penyimpanan, dan membuat laporan yang dibutuhkan oleh toko Bintang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi penjualan berbasis android.

Keywords


Penjualan; Android; Flutter; Firebase; Cloud Firestore

Full Text:

PDF

References


Andrean, K., Armanto, H., & Pickerling, C. (2020). Sistem Tempat Parkir Terintegrasi yang Dilengkapi dengan Aplikasi Mobile dan Mikrokontroller. Journal of Information System, Graphics, Hospitality, and Technology, 2(1), 22–29.

Ibrahim, K. A. B., & Gustina, D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Brand Clothing Sand Beach Dengan Skema Diskon Menggunakan Hungarian Algorithm. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 47–56.

Java, G. E. S. P., Natsir, F., & Tama, B. J. (2021). Perancangan Aplikasi Penjualan Ikan Hias Pada Toko Aquascape Di Depok Berbasis Android. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 187–193.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Jawara.

Marjito, & Tesaria, G. (2016). Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android (Studi Kasus: Di Toko Hoax Merch). Jurnal Computech & Bisnis, 10(1), 40–49.

Permana, A. Y., & Romadlon, P. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Menggunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile. SIGMA - Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 10(2), 153– 167.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61.

Raharjo, B. (2019). Pemrograman Android Dengan Flutter. Informatika.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Grasindo.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i03.7828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: