Aplikasi Sistem Informasi Penjualan pada Toko Baju Bobo Mini Busana Berbasis Java

Anggun Kartika Sari, Bondan Dwi Hatmoko, Dian Sari

Abstract


Salah satu aspek yang perlu ditunjang dari segi teknologi komputer pada Toko Bobo Mini Busana adalah penjualan dan pelaporan barang. Peneliti melihat terdapat permasalahan pada sistem penjualan toko Bobo Mini Busana yang masih menggunakan sistem manual. Proses penjualan, proses pembelian, serta pengolahan data dan informasi masih kurang tepat dan akurat karena masih menggunakan sistem manual dengan mencatatnya di media kertas. Akibat dari sistem yang belum terkomputerisasi, permasalahan yang muncul adalah saat melakukan proses transaksi menyebabkan salah perhitungan pada beberapa transaksi, serta penyimpanan data yang masih menggunakan media kertas dapat mudah hilang atau rusak dan pembuatan laporan menjadi lebih lama. Tujuan penelitian ini yaitu Membuat sistem penyimpanan data yang lebih aman. Membuat sistem penjualan yang tekomputerisasi dan mempermudah pekerjaan dibanding dengan sistem yang digunakan pada toko Bobo Mini Busana. Membuat laporan dengan lebih mudah dan terkomputerisasi agar lebih efektif dan efisien.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan Grounded Research untuk Menyusun tugas akhir. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pekerjaan admin dalam mengelola data dan laporan pada Toko Baju Bobo Mini Busana.


Keywords


Aplikasi; Sistem Informasi; Penjualan Baju; Java; Grounded Research

Full Text:

PDF

References


Anastasya, F., Agus, I., & Hutajulu, B. M. W. (2021). Perancangan Aplikasi Penjualan, Pembelian Pada Toko Nodent Store Berbasis Java Netbeans Di Buaran Jakarta Timur. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(2), 50. https://doi.org/10.24853/justit.11.2.50-55

Enterprise, J. (2016). Belajar Java, Database, dan NetBeans dari Nol. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fitri, A. R. E., Sagita, S. M., & Rahmatika, R. (2022). Sistem Informasi Penjualan Baja Ringan PT Wirama Mercu Metal Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 3(01), 41–47. https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.1685

Habibi, R., & Karnovi, R. (2020). Tutorial membuat aplikasi sistem monitoring terhadap job desk operational human capital.. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Rusli, M., Rinartha, I.K., Atmojo. Y. P. S. B. (2016). Belajar Pemrograman Java dengan Netbeans. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nofriadi. (2015). Java fundamental netbeans. Yogyakarta: Deepublish.

Ramdhan, M. R. M. (2021). Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, Sidoarjo: Zifatma.

Rukin. (2021). Metode Penelitan Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Wahyu Hidayat R, A. M. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi. Malang: UMMPress




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.7791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: