Sistem Informasi Pengelolaan Data Konveksi pada Toko Egiet Collection Berbasis Java Netbeans

Erika Maharani, Norma Pravitasari, Rini Amalia

Abstract


Egiet Collection adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi. Sering terjadi permasalahan diantaranya adalah kesalahan pencatatan data barang, kesalahan dalam data pesanan yang diakibatkan karena banyaknya pemesanan, biaya pengeluaran yang kadang tidak stabil, Permasalahan diatas disebabkan karena sistem yang selama ini digunakan masih menggunakan metode manual sehingga banyak kekurangan-kekurangan yang diakibatkan karena tingkat kerumitan dan masih banyak masalah yang lainnya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi pengelolaan data yang dapat membantu dan menampung segala informasi tentang konveksi Egiet Collection. Disamping itu, aplikasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketelitian dan meminimalisasi human error atau kesalahan manusia yang terjadi dalam pencatatan pengolahan data.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengembangan sistem peneliti menggunakan metode SDLC (System Devlopment Life Cycle) waterfall. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa, aplikasi pengelolaan data konveksi yang berjalan selama ini pada Toko Egiet Collection masih menggunakan sistem manual sehingga dibutuhkan waktu yang lama dalam mengelola data-datanya. Dengan adanya aplikasi pengelolaan data konveksi pada Egiet Collection maka dapat membantu mempermudah kinerja karyawan. Data yang tersimpan akan lebih rapi dan aman sehingga dalam pencarian pembuatan laporan dan pengelolaan data akan lebih mudah dan efisien.

Keywords


Sistem informasi; Pengelolaan Data; Konveksi; SDLC

Full Text:

PDF

References


Aprila, A. (2012). Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Pada Konveksi Dwi Putra Sragen Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fakhruddin, R., Oktaroza, M. L., & Halimatusadiah, E. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Konveksi Hiel Product.Helmiyanto, F. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Konveksi Di Rafaesta Collection.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan perancangan sistem. Bandung : Abdi Sistematika.

S., Rosa A.dan Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sabaruddin, R., Juniarti, M., Ardiyansyah, A., & Nugraha, W. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Perusahaan Konveksi dan Sablon Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31294/justian.v1i1.281

Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Cetakan Kedelapan Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi Offset.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi.Edisi Pertama. Yogyakarta: Cetakan Pertama Graha Ilmu.

Yuhana, Asep Nanang & Fadlilah Aisah Aminy. (2019) Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam mengatasi masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol 7, No 1 hal. 9.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i03.7711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: