Perancangan Sistem Informasi Servis Motor pada Bengkel Arif Motor

Beby Rohmah Udmi Annidah, Lukas Arif Prasetyo, Puji Astuti

Abstract


Bengkel atau lokakarya adalah sebuah bangunan yang menyediakan ruang dan peralatan untuk melakukan konstruksi atau manufaktur, dan memperbaiki benda. Bengkel Arif Motor merupakan bengkel perawatan, perbaikan dan penjualan yang harus selalu memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggannya. Dalam, melakukan transaksi dan pencatatan servis motor sering terjadi human error yang karena masih dilakukan secara manual dan sulitnya proses transaksi penjualan sparepart karena media pencatatn yang digunakan masih memakai media kertas. Sehingga, perlu adanya suatu aplikasi sistem informasi servis bengkel, aplikasi ini dibuat guna membantu kinerja pegawai dalam membuat bukti traksaksi pelanggan, mempermudah admin dan kasir untuk memasukkan berbagai data servis dan sparepart dengan cepat, tepat dan akurat serta dapat membuat laporan kapanpun untuk kepala bengkel tanpa harus mencari atau mengumpulkan nota satu per satu. Metode penelitian yang ini yaitu menggunakan metode Grounded Research yaitu metode yang berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dalam menetapkan  konsep serta mengembangkan teori. Tujuan dengan adanya aplikasi ini nantinya akan memudahkan dalam pengolahan data pembuatan laporan.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Service Motor, Bengkel, Java


Full Text:

PDF

References


Aera Santiana, H. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, Vol.2, No., 201–214.

Marakas & O’Brien, 2017). (2016). Analisa Sistem Informasi/ Tata Sutabri, Ed 1. Andy.

Meta Litasari Sestiayunda, F. P. H. (2017). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BOOKING SERVICE MOTOR HONDA PADA PT. PACIFIC MOTOR II BEKASI BERBASIS WEB. Jurnal Inkofar, Volume 1 N, 51–61.

Ngurah Suryantara, I. G. (2014). Merancang Aplikasi dengan VB.net2013. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Nugroho, S. E. (2015). SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA SERVIS SEPEDA MOTOR Studi Kasus : Naga Mulya Motor Yogyakarta. Jurnal EKSIS, Vol 08 No, 50–58.

Rohnadi, D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Menejemen Bengkel Di Gama Auto Service. Teknoin, Vol. 25, N, 112–125.

Siswandi, A. (2017). APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN JASA SERVICE MOTOR DAN PENJUALAN SPARE PART PADA BENGKEL MOTOR BERBASIS VISUAL BASIC 6.0. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa - SIGMA, Vol. 6 No., 158–167.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Sumardi. (2015). SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN SPAREPART DAN PELAYANAN SERVIS SEPEDA MOTOR PADA CV. AREA MOTOR KUDU. INFOKAM, Nomor II /, 96–105.

Zarnelly, Aulil Amri, Nesdi Evrilyan Rozanda, M. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Customer PT. RJA Pekanbar. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI-10), Pekanbaru, 107–114.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: