Perancangan Aplikasi Pelayanan Kesehatan Klinik Bidan Syifa Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter

Aditya Permana, Norma Pravitasari, Rini Widia Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk membantu pihak klinik dalam mengelolah data pasien, menyajikan informasi dan dalam mencari data yang diperlukan agar lebih cepat, efektif dan efisien. Dan juga membantu pihak klinik dalam meningkatkan pelayanannya dan dapat menampung seluruh informasi. Sistem pelayanan kesehatan pada Klinik Bidan Syifa sebelumnya sebagian besar aktivitas operasional pelayanan kesehatan dan pengolahan data klinik masih belum terkomputerisasi dengan baik, dimana pendataan pasien yang masih menggunakan buku daftar pasien, pembuatan laporan dengan tulis tangan, serta pencarian data pasien yang harus dicari didalam tumpukan berkas map yang tersusun didalam rak buku, sehingga ketika pihak klinik membutuhkan data-data tersebut, perlu waktu yang cukup lama untuk mencari dimana data tersebut disimpan. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Klinik Bidan Syifa, aplikasi yang dikerjakan mampu mengelolah data pasien, catatan medis, data obat, menyajikan informasi dan dalam mencari data yang diperlukan agar lebih cepat, efektif, efisien dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada.


Keywords


Perancangan; Aplikasi; Pelayanan; Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Alit, R. D., Aruan, M. C., & Rahadyan, A. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Medis Pasien di Klinik Insani Citeureup Berbasis Java. Innovation in Research of Informatics, 2.

Amaliya, N. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web pada Puskesmas Kecamatan Duren Sawit. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Irawan, I. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 55–66. https://doi.org/10.36378/jtos.v1i2.21

Muslihudin, & Oktafianto, M. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. ANDI.

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Andi Offset.

Pangestu, P. H., Tulloh, R., & Adiati, R. (2021). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Pelayanan Kesehatan Puskesmas Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Puskesmas Mulyaharja). E-Proceeding of Applied Science, 7.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) Cetakan Keempat. Informatika Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis : untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi (Edisi 1). ANDI.

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Deeppublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.7543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: