Perancangan Aplikasi Pencatatan Penjualan Rumah Makan Sate Sumber Pak Dahlan Berbasis Java

Muhammad Anhari, Yossy Indrawati Syuhardi, Ardhi Dinullah Baihaqie

Abstract


Rumah makan Sate Sumber Pak Dahlan merupakan sebuah usaha bisnis makanan yang memiliki cukup banyak pelanggan tetap, dalam sistem proses bisnis ini peneliti menemukan bahwa pencatatan dan pengelolaan data masih bersifat manual. Sementara di era globalisasi pada saat ini dunia bisnis sudah semakin maju dengan adanya komputerisasi sistem kerja untuk mempermudah karyawan maupun pemilik bisnis dalam mengelola usahanya. Dalam proses transaksi pemesanan dan pembayaran semua transaksi yang terjadi akan dicatat oleh kasir, dengan pencatatan manual ini menimbulkan masalah karena laporan data penjualan tidak sesuai dengan catatan yang telah diarsipkan. Untuk mengatasi hal ini Rumah Makan Sate Sumber Pak Dahlan membutuhkan suatu sistem yang dapat mengelola data penjualan makanan dan minuman. Tujuan dari penelitian ini adalah meminimalisir kesalahan yang terjadi pada kegiatan bisnis penjualan makanan dan minuman, dengan mempelajari sistem yang sedang berjalan, membuat perancangan sistem, analisa proses, dan melakukan pengujian sistem. Metodologi penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi adalah dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka yang dilakukan oleh peneliti. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, sebagai penunjang sistem untuk dapat berkembang dan terimplementasi dengan baik. Sistem diharapkan mampu memberikan efektivitas dan efisiensi karyawan dalam bekerja.


Keywords


Sistem Informasi Penjualan; Rumah Makan; Desktop; Penelitian

Full Text:

PDF

References


A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Azhar Susanto. (2013). Sistem Informasi Akuntansi, Struktur Pengendalian Resiko Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Gelinas, et al. (2012). Accounting Information Systems. South-Western: Cengage Learning.

Indrajani. (2015). Database Design (Case Study All In One). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Lubis, Adyanata. (2016). Basis Data Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Mareanus Lase, Setiya Rini, Feri Prasetyo H, Dewi Yuliandari, Elbiansyah. 2020. “Aplikasi Manajemen Kasir Pada Karisma Mega Satria Berbasis Desktop.” Jurnal AKRAB JUARA 5(2): 230–37.

Pringgo Juni Saputro, Nanik Nuryantini. (2016). “Pembuatan Sistem Layanan Penjualan Berbasis Desktop Dilengkapi Monitoring Berbasis Android.” Fountain of Informatics Journal 1(2): 18–27.

Sommerville, Ian. (2017). Software Engineering: Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV.Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.7400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: