Sistem Informasi Pembayaran SPP di SMK Yaperjasa Jakarta

Ridho Riono, Aswin Fitriansyah, Yuli Haryanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem informasi Pembayaran SPP yang terkomputerisasi pada SMK Yaperjasa dalam mempermudah kinerja Tata Usaha. Membuat penyimpanan data pembayaran SPP yang lebih aman dibandingkan menggunakan buku dan disimpan dalam lemari dokumen. Membuat pembayaran SPP dan laporan pembayaran dengan cepat, mudah, dan akurat. Metode penelitian yang digunakan dalam Sistem Informasi Pembayaran SPP adalah Metode kualitatif dengan jenis  Grounded (Grounded Research). Serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode pengembangan sistem penelitian ini menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem informasi pembayaran SPP yang diharapkan bisa memberikan layanan yang baik kepada orang tua siswa/siswi maupun Staf Tata Usaha yaitu kemudahan mengolah data penyimpanan yang lebih aman, pembuatan laporan, serta pencarain data yang lebih cepat dan tepat

Keywords


Sistem Informasi; pembayaran; SPP; SMK Yaperjasa.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. I. & E. Y. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Heriyanto, Yunahar, N. O. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Pada Smk Negeri 04 Pekanbaru Berbasis Dekstop. 3(1), 10–15.

Irviani, E. Y. A. D. R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. yogyakarta: Andi Offset.

Jubilee, E. (2018). Pemrograman Database Dengan Python dan MYSQL. Jakarta: Elex Media Computindo.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2.Yogyakarta: Deepublish.

Rosa, A.S., dan M. S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Rosa A.S M. Shalahudin. (2016). Rekayasa Prangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sukamto, Rosa Aryani, dan M. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Tarigan, S. L. B., Simarmata, E. R., & Aritonang, M. (2013). Sistem Informasi Pembayaran Spp Pada Sma Katolik 1 Kabanjahe. Infokam, 2(1), 8–17.

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan Mysql. Yogyakarta: CV. Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.7296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: