Sistem Informasi Perpustakaan dengan Pemindaian Barcode pada SMK Putra Bangsa Depok

Muhaini Zulfika Harasy, Herlinda Herlinda, Lin Suciani Astuti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat rancangan sebuah sistem informasi perpustakaan dengan pemindaian barcode agar membuat pelayanan perpustakaan yang ada di SMK Putra Bangsa Depok menjadi lebih efektif dan efisien. Serta menguji sistem informasi yang sudah dibuat agar dapat dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna. Dan juga dapat mengurangi kesalahan/kekeliruan dalam penyimpanan data. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pada metode ini peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, survei dan observasi, serta studi kepustakaan. Setelah peneliti merancang serta membuat sistem informasi perpustakaan dengan pemindaian barcode, maka peneliti dapat menarik simpulan bahwa apa yang dirumuskan pada bab sebelumnya, sudah tercapai dan tujuan dari penelitian ini pun juga sudah tercapai.


Keywords


Sistem Informasi Perpustakaan; Dengan Pemindaian Barcode; SMK Putra Bangsa

Full Text:

PDF

References


Al-Bahra Bin Ladjamudin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Aswati, S., & Siagian, Y. (2016). Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 317–324.

Bafadal, Ibrahim. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Maidda, N. R. A. (2019). Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Barcode Scanner Di Man Kota Magelang. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1160.

Malau, E., Salim, A., Santoso, B., & Ramadan, R. (2018). Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dengan Barcode Di GKI Gunung Sahari Jakarta. 5(1), 41–50. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICTJ/article/view/959.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Nurhayati, Y. (2019). Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Barcode. NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI, 13(1), 32–40.

Raharjo, Budi. (2011). Belajar Otodidak Menggunakan Mysql:Studi Kasus Membuat Toko Buku Online. Bandung: Informatika.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Yanto, Robi. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.7164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: