Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Tarno Rent Car

Kevin Adhitya, Muhammad Tri Habibi, Abdul Mufti

Abstract


Terdapat beberapa permasalahan pada sistem yang digunakan oleh Tarno Rent Car yang masih dikerjakan secara manual menggunakan buku catatan dalam kegiatan operasionalnya. Proses penghitungan sewa, denda dan diskon masih dibantu oleh kalkulator sehingga sering terjadi kesalahan dalam melakukan transaksi pembayarannya. Susahnya melakukan pencarian data kembali karena buku catatan sering rusak dan hilang yang mengakibatkan keterlambatan laporan. Oleh karena itu, perlunya wadah penyimpanan data yang aman dan pengolahan data yang akurat untuk mengoptimalkan pelayanan pada Tarno Rent Car. Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan sistem yang sudah terkomputerisasi pada Tarno Rent Car, mulai dari pengolahan data operator, data mobil, data pelanggan, data penyewaan, dan data pengembaliannya sehingga meminimalisasi adanya kesalahan data, baik dari segi peng-inputannya maupun dari penghitungan total harga sewa, denda dan diskon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode grounded research dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem ini dibuat dengan bahasa pemrograman java, Netbeans IDE 8.0.2 sebagai editor dan MySQL sebagai basis data. Hasil dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi rental mobil pada Tarno Rent Car yang dapat meningkatkan layanan serta memudahkan pemilik dalam pembuatan laporannya agar terhindar dari keterlambatan laporan bulanan serta memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh pemilik.

Keywords


Penyewaan mobil; Java; MySQL; Netbeans

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2020). Rancangan Aplikasi Administrasi Sewa Mobil Berbasis Java. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika. (JRAMI). Vol. 01 No. 04. E-ISSN: 2715-8756.

Arizona, N. D. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Web. 01(02), 105–119.

Deni, A., Pramitha, D. L., Ari, I. (2018). Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Java Netbeans dan Mysql Pada Perusahaan Dean's Car Rent. Applied Information Systems and Management (AISM). Vol. 1, (1). P-ISSN: 2621-2536; E-ISSN:2621-2544.

Fenty, D. N. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Peminjaman Mobil Berbasis Website Di CV. Armada Jaya Trans. (STIKOM).

Kuswara, H., & Kusmana (2017). Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan Sms GateWay Pada Sekolah Menengah Kejuruan Al - Munir Bekasi. Indonesia Jurnal on Networking And Security (IJNS), Vol 6 No.2 (2), 18.

Mara, D., & Qadhli J. A. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2).

M. Thoha., & Miyanto. (2015). Analisa Dan Perancangan Sistem Reservasi Hotel D'Griya Serang. Jurnal Prosisko Vol. 2 No. 2.

Suherman & Dera. (2018). Aplikasi Point Of Sales Berbasis Clien Server Dengan PHP Dan MYSQL Pada Toko Ibu Sum. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa. 9, 1–10.

Trisnadi, F. (2020). Perancangan Aplikasi Pendaftaran Service Motor Dan Penjualan Spare Part Pada Bengkel Jali. JRAMI (Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika). 01(02), 282–287.

Yulisma, M., & Verawati. (2020). Aplikasi Laporan Arus Kas Pada PT. Saritama Cipta Usaha Bandar Lampung. Jurnal Online Mahasiswa Sistem Informasi dan Akuntansi (ONESISMIK) 4, 30–37.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.6975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: