Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan di SMP Negeri 176 Jakarta

Rahmi Nilam Aceh, Dwi Yulistyanti, Tria Hadi Kusmanto

Abstract


Merancang Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android yang merupakan pengembangan dalam hal pelayanan pada perpustakaan SMP Negeri 176 Jakarta. Perpustakaan SMP Negeri 176 Jakarta memiliki koleksi buku yang cukup menambah wawasan para siswa dalam mencari ilmu namun para siswa cenderung malas untuk mencari buku di perpustakaan. Permasalahan dibuatnya aplikasi perpustakaan ini adalah dikarenakan masih ditemukan beberapa petugas yang cenderung kuranf peduli terhadap kebutuhan pengunjung , hal ini dapat mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap pelayanan yang ada pada bagian pelayanan perpustakaan di SMP Negeri 176 Jakarta. Daftar buku masih dituliskan dikertas sehingga susah untuk mensortir, mencari dan mengelola koleksi buku tersebut. Kurang efisien dan akurat sehingga membuat proses operasional tersebut menjadi lambat. Pengecekan ketersediaan buku secara digital tidak bisa dilakukan. Data mudah hilang dan mengharuskan mendata ulang. Masih terjadi kesulitan dalam penyimpanan data buku karena tidak adanya database yang teraplikasi. Dengan dibuatnya aplikasi perpustakaan berbasis android ini siswa dapat mengetahui informasi ketersediaan buku serta dapat meminjam jauh hari melalui smartphone kapan dan dimana saja. Sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama dalam mencari buku yang dibutuhkan di perpustakaan

 

Kata Kunci: Rancang Bangun, Perpustakaan, Android 


Full Text:

PDF

References


Christianti J., M., & Pasha, A. A. (2012). Aplikasi Circulation Information System ( CIS ) dengan Studi Kasus. Journal of Information Systems Volume 7 No 1.

Handayati, R. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Di Pong-Pong Cafe Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntasi.

Joyo Sampurno, P., Maulidiyah, R., & Zuliana Puspitaningrum, H. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA (Halaman 54 s.d. 58). Jurnal Fisika Indonesia. https://doi.org/10.22146/jfi.24361

Lukmantoro Taufik; Kurniasari, Triliana, T. S. (2013). Eksistensi Graffiti sebagai Media Ekspresi Subkultur Anak Muda. Interaksi Online.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Informatika Ban.

Parmawati, P. T., & Sukayana, P. (2016). APLIKASI ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOQUE (OPAC) BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v5i1.8279

Santi, T. (2014). Membangun Citra Pustakawan Iain-Su Medan. Jurnal Iqra.

Sari, N. M., & Setyadi, A. (2017). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH GURU IPS DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR DI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Widodo, W. (2016). EVALUASI PROSES PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PADA VIRTUAL TEAM DEVELOPMENT MENGGUNAKAN CMMI Versi 1.3. Jurnal Informatika. https://doi.org/10.26555/jifo.v10i1.a3345

Wijaya, H., & Sari, W. S. (2015). Rancang Bangun Mobile Commerce Berbasis Android Pada Toko Duta Buku Semarang. Techno.Com.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: