Aplikasi Monitoring Praktek Kerja Industri Peserta Didik SMK Mutiara Bangsa Berbasis Android

Ana Noviana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk mengontrol kegiatan/aktifitas peserta dalam pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin), upaya monitoring  ini terjadi karena banyaknya peserta didik dan guru pembimbing yang melakukan kecurangan dengan tidak hadir/datang ke perusahaan, maka peneliti merancang sistem monitoring  praktek kerja industri (Prakerin) berbasis android. Pembuatan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman java, XML dan database MySQL. Metodologi penelitian yang digunakan dalam sistem pengolahan data yaitu teknik pengumpulan data seperti wawancara dengan pihak terkait yaitu kepala program studi, peserta didik dan guru pembimbing, melihat buku agenda/jurnal peserta prakerin dan laporan-laporan lainnya dan melakukan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Peneliti juga melakukan penelitian dengan metode kepustakaan yang relevan dengan masalah sistem monitoring  praktek kerja industri (Prakerin). Setelah melakukan penelitian dan analisa permasalahan serta menyelesaikan masalah yang diusulkan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa, sistem yang berjalan masih dilakukan dengan aplikasi sederhana menggunakan aplikasi Microsoft Office dengan dibangunnya sistem monitoring  praktek kerja industri (Prakerin) ini diharapkan pada SMK Mutiara Bangsa bisa mempermudah sistem monitoring  praktek kerja industri (Prakerin) yang dapat mengolah data praktek kerja industri (Prakerin) secara menyeluruh, serta menghasilkan sebuah informasi evaluasi praktek kerja industri (Prakerin) untuk pihak sekolah.

Keywords


Aplikasi; Monitoring; Praktek Kerja Industri; Peserta Didik SMK; Android

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, H., & Riswaya, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit. Jurnal Computech & Bisnis. 8(2), 61–69.

Bassil, Y. (2012). A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. 2(5), 2.

Gani, A., & Baye, W. (2018). Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1), 52. https://doi.org/10.36595/misi.v1i1.18

Gudda, P. (2011). A Guide To Project Monitoring & Evaluation. United State of America.

Nana Syaodih Sukmadinata, A. &. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 189–203. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.339

Ningsih, P. W., Lusiani, T., & Nurcahyawati, V. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Komputer Akuntansi, 1(1).

Putra, D. A., Arwan, A., & Rusdianto, D. S. (2019). Pengembangan Sistem Pengelolaan Praktik Kerja Industri pada Sekolah Menengah Kejuruan ( Studi Kasus : SMK PGRI 3 Malang ). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4942–4950.

Safaat, N. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika Bandung. In Android.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yudhanto, Y. & W. A. (2018). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. In Kompas Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: