Perancangan Aplikasi Monitoring Utilitas Peralatan Uji Lab Teknik PT Sucofindo SBU Laboratorium Berbasis Java

Erfan Royani

Abstract


Merancang aplikasi monitoring utilitas peralatan uji lab teknik di PT Sucofindo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat data deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, dimana melibatkan data dan informasi yang diperoleh melalui wawancara atau observasi secara mendalam ke subjek penelitiannya. Dengan dibuatnya aplikasi monitoring utilitas peralatan uji lab teknik di PT Sucofindo, semua kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan atau utilitas peralatan uji dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat terkontrol. Pada aplikasi ini, penggunaan peralatan uji dapat dimonitoring dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Aplikasi monitoring utilitas peralatan uji lab teknik di PT Sucofindo ini dibuat dengan Java Netbeans dan MySQL Server sebagai database-nya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola data pengguna, data alat, data kalibrasi alat, dan data transaksi penggunaan baik untuk keperluan pengujian, peminjaman kelengkapan dinas luar dan lainnya, serta dapat mengelola data monitoring yang nantinya data yang telah diinputkan, dapat dicetak dalam laporan. Akhirnya dengan adanya aplikasi monitoring peralatan uji ini, proses pengelolaan, penggunaan, dan monitoring peralatan uji dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu melakukan pencatatan dan pengelolaan data secara manual


Keywords


Perancangan; Aplikasi; Monitoring; Peralatan Uji

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (ED Lestari (ed.). Sukabumi: CV Jejak.

Buana, I., & Setia, K. (2014). Jago pemrograman PHP. Jakarta: Dunia Komputer.

Fourwansyah, R. (2020). Perancangan sistem informasi inventory dan purchasing berbasis web menggunakan metode pieces Studi kasus: PT matahari department store distributional center & logistic. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143, 32–49.

Hadi, A. (2018). Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025: 2017. Gramedia Pustaka Utama.

Indrajani, I. (2014). Pengantar sistem basis data case study all in one. Elex Media Komputindo.

Satzinger, J. W., Jakson, R. B., & Burd, S. D. (2012). System analysis and design in a Changing World Sixth Editon. New York: Course Technology.

Siringoringo, A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kurir Berbasis Android. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sukamto, A. R., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika. Bandung: Informatika.

Syukron, A., & Hasan, N. (2015). Perancangan Sistem Rawat Jalan Berasis web Pada Puskesmas Winog. Bianglala Informatika, 3(1), 29.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.6493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: