Sistem Informasi Inventory dengan Metode First In First Out pada PT Adi Sarana Logistik (Titipaja)

Muhammad Ilyas, Millati Izzatillah, Rahmawati Yuliyani

Abstract


Permasalahan yang dialami PT Adi Sarana Logistik (titipaja)  adalah  pengolahan data barang masuk dan barang keluar masih manual dengan menggunakan buku besar dalam setiap pencatatannya, sehingga sering terjadi kesalahan-kesalahan yang akan menyebabkan kerugian bagi PT. Adi Sarana Logistik (titipaja) dan pembuatan laporan kepada pimpinan perusahaan membutuhkan banyak waktu sehingga tidak efisien serta data stok barang di PT. Adi Sarana Logistik (titipaja) ini dengan cara mengecek satu persatu data stok barang sehingga pengecekan tidak efisien. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode FIFO dalam penyelesaian permasalahan tersebut, dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Tujuan dari sistem aplikasi ini adalah memudahkan dalam proses penginputan dan pencarian data barang masuk keluar pada PT. Adi Sarana Logistik (titipaja) sehingga akan diperoleh informasi yang efektif dan efisien, yaitu membantu memperbaiki kesalahan dalam penulisan data, dan mempermudah dalam pembuatan laporan kepada pimpinan. Hasil dari penelitian ini dengan adanya sistem aplikasi dapat menciptakan aplikasi untuk pendataan data serta proses permintaan barang, pencatatan barang masuk keluar dan pelaporan yang lebih akurat.


Keywords


Aplikasi; Barang Masuk; Barang Keluar; Java

Full Text:

PDF

References


Agusvianto, H. (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus : PT.Alaisys Sidoarjo. Journal of Information Engineering and Educational Technology. https://doi.org/10.26740/jieet.v1n1.p40-46

Indrajani. (2015). Database Design. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Meisak, D. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Menggunakan Metode FIFO Pada PT.Shukaku Jambi. Mediasisfo, 11(2), 862–875.

Pahlevi, O., Mulyani, A., & Khoir, M. (2018). SISTEM INFORMASI INVENTORI BARANG MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED DI PT. LIVAZA TEKNOLOGI INDONESIA JAKARTA. Jurnal PROSISKO.

Rahmadi, L., & Yusmiarti, K. (2016). Perancangan Sistem Informasi Inventory Di Amik Lembah Dempo Pagaralam. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.

Rohayati, M. (2014). Membangun Sistem Informasi Monitoring Data Inventory Di Vio Hotel Indonesia. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S. D. (n.d.). System Analysis and Design in A Changing World. USA: Cengage Learning.

Shalahudin, A. . R. dan. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: DeePublish.

Waluyo, edy tekat bronto, Hanafri, M. I., & Sulaeman. (2019). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Gudang Sparepart. Sisfotek Global, 9(1), 13–19.

Wibowo, G. I., Rumagit, A. M., & Tuturoong, N. J. (2014). Perancangan Aplikasi Gudang Pada Pt. Pakan Ternak Sejati. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 3(4), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.6456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: