Rancangan Bangun Aplikasi Akademik pada SDN Kedung Waringin 03 di Bojong Gede

Albi Ferdiansyah Rahmat, Achmad Birowo, Agus Darmawan

Abstract


Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi untuk pengolahan data akademik supaya menggantikan proses akademik yang masih menggunakan sistem manual di SDN Kedung Waringin 03. Metode yang digunakan untuk penelitian tugas akhir ini adalah metode waterfall. Waterfall yang merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari analysis, design, coding, testing, dan maintenance. Hasil yang dicapai adalah sistem akademik SDN Kedung Waringin 03 menjadi terprogram sehingga menghilangkan kemungkinan kerusakan data, redundancy data dan meningkatkan efektivitas, lebih efisien, mudah digunakan dan ramah pengguna. Dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu perancangan sistem yaitu Diagram Alir Data (DAD) Konteks, Nol dan Rinci serta menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans IDE, database MySQL menggunakan XAMPP dan IReport  sebagai pencetak laporannya.


Keywords


Rancangan; Bangun; Aplikasi; Akademik

Full Text:

PDF

References


Aldi Hidayat, Bondan Dwi Hatmoko, & Luh Putu Widya Adnyani. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Sd Integral Hidayatullah Depok Berbasis Java. Jurnal Fasilkom, 10(3).

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. In Informatika Bandung.

Bunga Nirwana, Nunu Kustian, & Muhammad Tri Habibie. (2021). Sistem Informasi Akademik Pada SMP Negeri 36 Jakarta Berbasis Java Netbeans. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 5(1).

Bustomi Abdul Goni. (2020). Sistem Informasi Akademik di SMK Purnama Bakti Berbasis Java.

Hastuti, Dwi. Y. Arief. (2018). Belajar Pemrograman Java Menggunakan Java FX dan Database H2. ASWAJA PRESSINDO.

Ladjamudin Al-Bahra. (2013). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. In Analisis Dan Desain Sistem Informasi.

Muhamad Rafly. (2020). Sistem Informasi Akademik SDN Kebon Pala 07 Pagi.

Nur, R., & Suyuti, M. A. (2017). Perancangan Mesin-Mesin Industri. In CV BUDI UTAMA.

Oktafianto, dan M., & Muslihudin. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML - Muhamad Muslihudin, Oktafianto - Google Buku. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan Uml.

Pipin, A. (2013). Kamus Teknologi Informasi. In Kamus Teknologi Informasi.

Roger S. Pressman, Ph. D. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pendekatan Praktisi. In Software Engineering : A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. https://doi.org/10.1098/rspb.2012.1110

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books. Kencana,Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.6441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: