Rancang Bangun Aplikasi Pendataan Pelanggaran Siswa SMP Negeri 229 Jakarta Berbasis Java

Farhannuari Bani Romadhan, Dwi Yulistyanti, Syamsiah Syamsiah

Abstract


Didalam dunia pendidikan tingkat SMP, siswa atau pelajar merupakan tahap yang sudah dikategorikan pada usia remaja dan sedang dalam persiapan mencari jati diri. Oleh karena itu, banyak terjadi kenakalan-kenakalan remaja didalam dunia pendidikan tingkat SMP. Dibuatnya aplikasi pendataan pelanggaran siswa ini ialah dikarenakan bagian bimbingan konseling masih menggunakan buku besar untuk pendataan siswa yang melanggar ketentuan sekolah mengakibatkan akumulasi poin pelanggaran tidak berjalan dengan vaik, hal ini dapat mempengaruhi tindakan yang harus dilakukan oleh bagian bimbingan konseling SMP Negeri 229 Jakarta untuk menangani pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Dibuatlah aplikasi sistem informasi dengan tujuan pengembangan dalam hal Pendataan Pelanggaran pada bagian bimbingan konseling SMP 229 Jakarta. Pada hal ini bimbingan konseling memerlukan suatu sistem dimana bisa mengakumulasi point yang pernah dilakukan oleh siswa. Dengan dibuatnya aplikasi Pendataan Pelanggaran siswa berbasis java ini bimbingan konseling dapat mengetahui informasi poin yang sudah didapat siswa serta mengetahui pelanggaran apa saja yang pernah dilakukan oleh siswa. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penanganan siswa yang melakukan pelanggaran.

 

Kata Kunci: Rancang Bangun, Pendataan Pelanggaran, Java

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI.

Ahmad Taufiq Hidayatullah & Fajar Perdana. (2017). Pengembangan sistem informasi bimbingan konseling siswa SMP Negeri 1 Panarukan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1.

Pascapraharastyan, R. A., Supriyanto, A., & Sudarmaningtyas, P. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Arsip Rumah Sakit Bedah Surabaya Berbasis Web. Sistem Informasi, 3(1), 72–77

Fajarita, M. A. R. & L. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Poin Pelanggaran dan Bimbingan Konseling Pada SMA Az-Zamir. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1.

Syah, Hidayat. (2010). Penelitian Deskriptif. Jakarta: Rajawali.

Ipnuwati, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Sanksi Pelanggaran Kedisiplinan Siswa Pada SMK PGRI I Kendodonng. Jurnal Informatika, Vol. 14, N, 153–167.

Petrisisan W Sudarmadji, A. B. (2017). Pembuatan Aplikasi Pendataan Pada SMA Negeri I Amfoang Utara Kabupaten Kupang. Jurnal Ilmiah FLASH, Volume 3 N, 36–41.

Pressman. (2015). Library Binus. Software Engineering.

Rizki Wahyudi, A. D. A. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Pelanggaran Siswa Pada SMK Yayasan Pendidikan Teknologi I Purbalingga Terintegrasi Dengan SMS Gateway. Jurnal Telematik, Vol. 10 No, 62–75.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: