Perancangan Sistem Informasi Penilaian COASS Dokter pada RSUD Pasar Rebo

Selly Nuryanis, Dewi Anjani, Rahmawati Yuliani

Abstract


RSUD pasar rebo merupakan salah satu tempat koas di rumah sakit di Jakarta Timur untuk menjalani pendidikan selama 1 tahun 8 bulan dan badan koordinasi pendidikan RSUD pasar rebo memberikan pengarahan tentang peraturan di poli, IGD, ruang operasi dan lainnya. dan Bakordik (badan koordinasi pendidikan) mengurus semua proses koas tersebut. Sistem yang berjalan saat ini memiliki kelemahan yang menghambat proses produktivitas Bakordik RSUD pasar rebo yaitu kurang efektifnya proses pengolahan data seperti pencatatan data, penilaian dokter magang koas dan pembuatan laporan koas yang masih menggunakan program Microsoft Excel. Sehingga memberi kesan dampak yang kurang efektif dan efisien dalam hal waktu dan tenaga yang dihasilkan setiap hari. Dari semua dampak yang terjadi membuat pihak perusahaan ingin mengubah sistem manual yang ada dengan sistem komputerisasi. Oleh karena itu untuk menunjang terciptanya kelancaran proses pencatatan data, penilaian koas dan pembuatan laporan, diperlukan   suatu   sistem yang dapat mengatasi permasalahan-permasalah yang mungkin terjadi dalam proses pengolahan data penilaian koas untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja sehingga data atau informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) waterfall suatu metode penelitian yang mempunyai ciri khas pengerjaan setiap fase dalam waterfall harus diselesaikan terlebih dahulu. Tujuan penelitian adalah untuk merancang penggunaan sistem informasi penilaian koas dokter, selain itu peneliti berharap agar pihak RSUD Pasar Rebo dapat memahami maksud dari sistem informasi penilaian koas dokter ini dan memudahkan pihak RSUD Pasar Rebo dalam mengelolah data penilaian koas. Sehingga sistem informasi penilaian koas dokter di RSUD Pasar Rebo dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan akurat dengan sistem yang terkomputersasi berbasis Java.


Keywords


Perancangan; Sistem Informasi; Penilaian; Coass Dokter

Full Text:

PDF

References


Andi, K. (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media.

Bassil, Y. (2012). A Simulation Model For The Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology (iJET).

Ladjamudin, A.-B. Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi (p. 211). Graha Ilmu.

Marhamah, E. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja PTT Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi. MANAJEMEN SISTEM INFORMASI, Vol. 5, No(ISSN: 2528-0082), 626–638.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nofriadiman, D. N. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BANK NAGARI CAB. LUBUK ALUNG BERBASIS JAVA. Jurnal Sains Dan Teknologi, Vol. 17 No.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005

Sukamto, & S. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Andi Offiset.

Surya Ramadhan, Sumitro Sarkum, I. P. (2019). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Berbasis Web Pada Operasi Perangkat Daerah Kantor Camat Rantau Utara Labuhanbatu. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Volume V N(P-ISSN 2442-2436, E-ISSN: 2550-0120), 93–96.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.6248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: