Rancangan Sistem Informasi Purchase Order pada PT Panel Asri Perkasa

Dimas Prayoga, Wanti Rahayu, Nurullaeli Nurullaeli

Abstract


Dalam pembuatan aplikasi ini peneliti bertujuan untuk Untuk membuat perancangan aplikasi sistem informasi purchase order yang dapat membantu proses menganalisis dan mengawasi keadaan inventarisasi barang di PT Panel Asri Perkasa. Membuat perancangan aplikasi dimana untuk setiap pelaporan dapat dengan mudah dicetak atau print out, sehingga dalam pemberkasan pun akan menjadi efisien. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan menggunakan metode grounded research, yaitu metode penelitian yang mendasarkan diri kepada fakta di lapangan dan penggunaan analisis perbandingan, yang bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menerapkan konsep-konsep, membuktikan teori, dan mengembangkan teori, di mana pengumpulan data dan analisa data berjalan pada waktu yang bersamaan. Setelah peneliti menganalisa permasalahan yang ada, maka peneliti menyimpulkan bahwa di butuhkan sebuah aplikasi untuk menunjang kinerja dalam purchase order. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan aplikasi purchase order (PO) dimana dalam membangun sistem ini memanfaatkan database MYSQL sebagai penyimpanan dan aplikasi desktop (Neatbeans) yang berbasis Java.


Keywords


Aplikasi; Purchase order; Java; Netbeans; MySQL

Full Text:

PDF

References


Aini, N., & Risanty, R. D. (2022). Sistem Informasi Purchase Order Study Kasus PT Sarana Teknik Mekanika. IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, 11(3), 53–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/13592%0A https://jurnal.umj.ac.id/ index.php/just-it/article/download/13592/7229

Arafat, Adnan Hamka (2018). Perancangan Sistem Aplikasi Inventory Perkantoran pada PT Catur Dakwah Crane Farmasi Bogor. (Skripsi). Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.

Hariadi, M. A., Rokhmawati, R. I., & Kharisma, A. P. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Purchasing Order Berbasis Web pada PT Karya Teknik Mandiri. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), . 5139-5145.

Khastari, Galuh Ayu (2018). Sistem Informasi Pengelolaan Barang Inventaris Pada PT Edukasi Star Indonesia. (Skripsi). Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta.

Prabowo, A., Apriyani, D. D., & Auliya, R. N. (2020). Perancangan Aplikasi Manajemen Purchase Order. 01(02), 266–273.

Soetam, Rizky. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i03.5572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: